The Beatles Akan Rilis Buku di Balik Pembuatan Album Terakhir

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 16:10 WIB
The Beatles akan merilis buku yang membongkar situasi panas di tengah pembuatan album terakhir band legendaris asal Inggris tersebut, Let It Be. The Beatles akan merilis buku yang membongkar situasi panas di tengah pembuatan album terakhir band legendaris asal Inggris tersebut, Let It Be. (AFP/Toshifumi Kitamura)
Jakarta, CNN Indonesia --

The Beatles akan merilis buku yang membongkar situasi panas di tengah pembuatan album terakhir band legendaris asal Inggris tersebut, Let It Be.

Bertajuk The Beatles: Get Back, buku tersebut akan menyelami proses pembuatan Let It Be melalui transkrip perbincangan The Fab Four saat menggodok album di studio.

Keseluruhan buku tersebut akan merangkum kehidupan studio The Beatles pada Januari 2969, di mana mereka beradu argumen sembari berupaya merampungkan album terakhir mereka.


Akan ada pula transkrip perbincangan mereka saat merekam musik untuk sesi spesial di televisi. Saat itu, George Harrison sempat marah dan meninggalkan teman-temannya di studio.

John Lennon menggambarkan situasi panas di studio The Beatles di akhir dekade 1960-an itu sebagai neraka.

Album itu rencananya dirilis dengan nama Get Back. Namun setelah diramu dengan masukan kontroversial dari Phil Spector, album itu akhirnya dilepas ke pasaran dengan tajuk Let It Be pada Mei 1970.

Pembukaan kisah dalam buku ini akan ditulis oleh Hanif Kureishi. Ia menggambarkan periode akhir The Beatles tersebut sebenarnya waktu yang produktif bagi The Fab Four, di mana mereka menciptakan beberapa karya terbaik.

"Dan sekarang kisah itu ada di sini dan kita beruntung dapat menyaksikan draf-draf awal mereka, kesalahan, perubahan, kebosanan, semangat, dan latihan bahagia dan terobosan mendadak yang akhirnya melahirkan karya yang kini kita ketahui dan kagumi," katanya.

Selain itu, buku ini juga akan melampirkan ratusan foto hasil jepretan Ethan Russell dan Linda McCartney yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Sementara itu, rekaman perbincangan The Beatles juga akan tersedia dalam format film dokumenter bertajuk sama karya Peter Jackson yang bakal dirilis bersamaan dengan bukunya pada 31 Agustus 2021.

[Gambas:Video CNN]

(has)