Amoeba Pemakan Otak dan Film Tentang Wabah Mengerikan

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 18:57 WIB
Berikut sejumlah film tentang wabah mengerikan terkait status darurat di Texas karena amoeba pemakan otak. Foto ilustrasi. Cuplikan film Deranged. (Oz One Film via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah wabah virus corona (Covid-19), Gubernur Texas Amerika Serikat (AS), Greg Abbott, menetapkan status darurat bencana daerahnya usai bocah enam tahun meninggal pada 8 September 2020 karena terinfeksi amoeba pemakan otak.

Naegleria fowleri menginfeksi orang ketika air yang mengandung amoeba masuk ke dalam tubuh melalui hidung. Ini biasanya terjadi ketika orang berenang atau menyelam di tempat air tawar yang hangat, seperti danau dan sungai. Amoeba Naegleria fowleri kemudian berjalan ke atas hidung menuju ke otak, di situ ia menghancurkan jaringan otak.

Berikut beberapa film yang menggambarkan penyebaran virus dan bakteri mematikan sehingga memicu pandemi di kawasan.


1. 28 Days Later (2002)

28 Days Later mengisahkan perjuangan bertahan hidup sekelompok orang setelah sebuah virus menyebar ke masyarakat dan menyebabkan epidemi juga kematian massal.

Bukan hanya melumpuhkan London dan masyarakat, virus tersebut bahkan menyebabkan korbannya menjadi monster yang memaksa manusia yang tersisa untuk terus berjuang bertahan hidup.

Film yang digarap oleh Danny Boyle ini menuai pujian kritikus dan berhasil mengumpulkan rating hingga 87 persen di laman Rotten Tomatoes. Film yang dirilis pada 2002 ini juga termasuk film paling menguntungkan, dengan pendapatan mencapai US$82,7 juta dari bujet sebesar US$8 juta.

[Gambas:Youtube]

2. I Am Legend (2007)

I Am Legend menceritakan Robert Neville, ahli virus di militer Amerika yang tinggal di New York bersama istri dan anaknya, Zoe serta Marley. Ia juga memiliki anjing. Suatu hari, Zoe dan Marley diungsikan dari kota New York, karena ada wabah virus mematikan yang telah menginfeksi hampir keseluruhan penduduk kota New York.

Virus mematikan ini telah menginfeksi hampir 90% populasi umat manusia. Hanya 12 juta orang, termasuk Robert, yang memiliki kekebalan alami dan bisa selamat. Ia pun memilih tinggal di sana dan menyelidiki cara melawan sekaligus menangkal virus tersebut.

[Gambas:Youtube]

3. Contagion (2011)

Contagion berawal dari Beth Emhoff yang bertemu mantannya saat singgah di Chicago usai kembali melalui sebuah perjalanan bisnis di Hong Kong. Dua hari setelahnya, kala sudah berada di rumah, ia pingsan dan kejang-kejang.

Suami Beth, Mitch Emhoff, melarikan istrinya itu ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong. Tim dokter tak bisa mengetahui penyebab pasti kematian Beth.

Tak lama setelah kematian Beth, putra tirinya juga jatuh sakit dan meninggal. Ia kemudian diisolasi dan diperiksa kesehatannya oleh tim medis. Setelah diketahui dirinya sehat dan memiliki imunitas alami yang baik, ia kembali ke rumah.

Kasus yang kemudian diketahui berasal dari virus baru atau novel virus tersebut ternyata sudah menyebar ke beberapa kota dan terus menimbulkan korban jiwa. Virus itu kemudian diberi kode MEV-1 dan diketahui menyebar melalui droplet dan masuk ke saluran pernapasan.

Para peneliti dan tenaga medis serta pejabat kesehatan pun berjuang melawan pandemi virus yang menyebar amat cepat tersebut, di tengah kepanikan masyarakat dan dikejar waktu untuk menghentikan virus juga korban jiwa yang terus jatuh.

[Gambas:Youtube]

4. Deranged (2012)

Deranged menceritakan pandemi yang tiba-tiba menyerang Korea Selatan. Hal ini bermula ketika beberapa mayat dalam kondisi tragis yakni hanya tulang dan kulit ditemukan di Jalan Tancheon saat subuh. Beberapa jasad lainnya ditemukan di sekitar perairan seperti sungai dan danau setelah itu.

Temuan itu membuat Korea menjadi penuh kekacauan. Hanya dalam masa inkubasi yang singkat serta 100 persen berisiko kematian, parasit berupa cacing bisa mencuci otak manusia sebagai inangnya untuk mencari air dalam jumlah banyak.

Hal itu membuat banyak orang membunuh diri mereka sendiri dengan terjun ke sungai dan membuat jumlah terinfeksi berkembang tak terkendali. Je-hyuk yang sehari-hari bekerja di perusahaan farmasi berusaha mencari kebenaran terkait parasit yang menelan banyak jiwa.

[Gambas:Youtube]

5. Flu (2013)

The Flu mengisahkan sekelompok imigran yang diselundupkan ke Korea Selatan di dalam kontainer pengiriman. Namun, salah satu imigran adalah pembawa virus yang mematikan dan sangat menular. Hal itu membuat hampir semua imigran mati kecuali satu orang.

Hanya dalam 36 jam, ribuan orang terinfeksi virus mematikan itu dan terus bertambah setiap jam. Seluruh jalur masuk dan keluar kawasan ditutup, masyarakat dikarantina oleh pemerintah dalam upaya putus asa untuk menghentikan penyebaran virus lebih jauh.

[Gambas:Youtube]



(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]