Penyanyi I Am Woman Helen Reddy Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 13:47 WIB
Penyanyi Helen Reddy, yang dikenal dengan lagu hit I Am Woman, meninggal dunia di usia 78 pada Selasa (29/9). Penyanyi Helen Reddy meninggal dunia. (AFP/FRAZER HARRISON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Helen Reddy, yang dikenal dengan lagu hit I Am Woman, meninggal dunia di usia 78 pada Selasa (29/9).

Kabar duka tersebut dikonfirmasi pihak keluarga lewat pernyataan yang diunggah di Facebook.

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan meninggalnya ibu tercinta kami Helen Reddy, pada 29 September 2020 sore hari di Los Angeles," tulis anak-anak Reddy, Traci dan Jordan.


Dalam pernyataan itu, pihak keluarga juga berbagi cerita tentang sosok Reddy secara singkat.

"Dia adalah ibu yang luar biasa, nenek, dan wanita yang benar-benar tangguh. Hati kami hancur, tapi kami terhibur mengetahui bahwa suaranya akan hidup selamanya," tulis pihak keluarga dalam pernyataan dikutip dari Just Jared.

Pemilik nama lengkap Helen Maxine Reddy ini merupakan seorang penyanyi, aktris, serta aktivis Australia yang memiliki kewarganegaraan ganda Australia dan Amerika.

[Gambas:Youtube]

Lahir di Melbourne, Victoria, dari keluarga bisnis pertunjukan, Reddy memulai kariernya sebagai pelaku seni hiburan sejak empat tahun.

Dia bernyanyi di radio dan televisi, dan memenangkan kontes bakat di program televisi pada 1966, hadiahnya berupa tiket ke New York City dan audisi rekaman, yang ternyata tidak berhasil.

Reddy kemudian mengejar karier menyanyi di kancah internasional dengan pindah ke Chicago lalu Los Angeles. membuat lagu debut "One Way Ticket" dan "I Believe in Music" di sana masing-masing pada 1968 dan 1970.

Pada era 1970-an, Reddy berhasil meraih impiannya sebagai penyanyi internasional. Dia kemudian memiliki 20 lagu hit di tangga musik Amerika Billboard Hot 100, termasuk tiga lagu di posisi nomor satu.

Di antaranya adalah I Am Woman, yang juga memenangkan piala Grammy, serta Delta Dawn, dan Angie Baby. Lagu I Am Woman pun memainkan peran penting dalam budaya populer, di mana Reddy kemudian dikenal sebagai ikon feminis.

(agn/bac)

[Gambas:Video CNN]