Band LAIN Rilis Ulang Album Debut, Djakarta Goodbye

CNN Indonesia | Sabtu, 17/10/2020 00:01 WIB
Band LAIN merilis ulang debut sekaligus album mereka satu-satunya, Djakarta Goodbye, dalam format digital. Band LAIN merilis ulang debut sekaligus album mereka satu-satunya, Djakarta Goodbye, dalam format digital. (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Band LAIN merilis ulang debut sekaligus album mereka satu-satunya, Djakarta Goodbye, dalam format digital.

Keseluruhan album tersebut sudah tersedia di berbagai layanan streaming basis audio mulai Kamis (15/10).

Berdasarkan siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, LAIN mulai menggarap album tersebut pada 2000 silam. Kala itu, Iman Fattah, Aghi Narottama, dan Bemby Gusti berkumpul di rumah Zeke Khaseli.


"Dalam waktu kurang lebih satu minggu, mereka menghasilkan 11 lagu dan terbentuklah LAIN, yang namanya diambil dari tokoh kartun anime Jepang favorit mereka," demikian penjelasan dalam siaran pers.

Setelah itu, personel LAIN merekam 11 lagu tersebut dengan bantuan kakak Gusti, Arie Gusti, kemudian merilisnya dalam format cakram padat. Pada 2003, Djakarta Goodbye lantas dirilis dalam format kaset.

LAIN merupakan salah satu band yang muncul di awal mula kebangkitan musik independen di Jakarta. Pada masa itu, belum banyak musisi independen yang merilis karya lantaran label besar masih sangat berkuasa.

Meski demikian, LAIN jarang tampil pada awal dekade 2000-an lantaran kesibukan masing-masing personel. Selain band ini, Bemby merupakan personel Sore, sementara Zeke dan Iman tergabung dalam band Zeke and The Popo.

Selain itu, Aghi membentuk Ape On The Roof. Ia bersama Bemby juga membentuk rumah produksi yang fokus mengerjakan musik untuk iklan dan film bernama Rooftopsound.

(adp/has)