Gitar Eddie Van Halen Dilelang, Ditaksir Laku Rp1,1 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 15:54 WIB
Dua gitar milik mendiang Eddie Van Halen akan dilelang pada Desember mendatang dengan perkiraan terjual di harga setara Rp1,1 miliar per unit. Dua gitar milik mendiang Eddie Van Halen akan dilelang pada Desember mendatang dengan perkiraan terjual di harga US$80 ribu atau setara Rp1,1 miliar per unit. (AP/John Munson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua gitar milik mendiang Eddie Van Halen akan dilelang pada Desember mendatang dengan perkiraan terjual di harga US$80 ribu atau setara Rp1,1 miliar per unit.

Berdasarkan laporan NME, kedua gitar tersebut akan ditawarkan dalam acara yang digelar oleh rumah lelang Julien's Auctions di Los Angeles, Amerika Serikat.

Salah satu instrumen yang dilelang adalah gitar seri A 2004 EVH Charvel Art Series. Pada gitar ini terdapat desain garis warna merah, putih, dan hitam yang merupakan ciri khas Eddie.


Julien's mendeskripsikan gitar itu sebagai alat musik yang dirancang khusus dan dimainkan oleh Eddie. Bentuk gitar itu bergaya Fender Stratocaster dengan nomor seri 54 di belakang leher gitar.

Selain itu, akan dilelang pula satu gitar seri EVH yang dibuat di studio miliknya, 5150. Eddie membuat gitar itu dengan bantuan teknisinya yang bernama Matt Bruck.

Eddie memberikan gitar itu kepada temannya, Bryan Cash, sebagai hadiah pada 1991 silam. Di badan gitar itu terdapat tulisan, "Yo Bryan let's get shucked up Eddie Van Halen 5150."

"Kami merasa terhormat dapat melelang dua gitar ikonis ini dari kariernya yang cemerlang dan luar biasa sebagai salah satu gitaris rock terbesar dan paling berbakat," kata CEO Julien's Auctions, Darren Julien.

Setiap gitar diperkirakan akan terjual US$40 ribu sampai US$80 ribu atau setara Rp588 juta sampai Rp1,1 miliar. Harga ini dianggap wajar untuk gitar bersejarah milik mendiang Eddie.

Eddie Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10) setelah berjuang cukup lama melawan kanker. Rocker grup band yang menyandang nama keluarganya itu meninggal pada usia 65 tahun.

[Gambas:Video CNN]

Eddie lahir di Belanda pada 26 Januari 1955 dari pasangan Jan Van Halen, seorang pemain saksofon dari Belanda yang memiliki keturunan Swedia, dan Eugenia van Beers, seorang Eropa-Indonesia (Indo) dari Rangkasbitung. Keluarga ini bermigrasi ke California pada 1962.

Ia kemudian mendirikan Van Halen bersama kakak laki-lakinya, Alex, pada 1970-an dan dengan cepat mendapatkan basis penggemar.

Van Halen telah menjual lebih dari 75 juta kopi album di seluruh dunia dan memiliki banyak hit populer di tangga lagu rock papan atas AS ketimbang artis lainnya.

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK