Cemas Soal Tampilan Tubuh Buat Sam Smith Sadar Soal Gender

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 21:45 WIB
Sam Smith mengakui, mengalami masalah kecemasan berlebihan akan bentuk tubuh atau body dysmorphia membuat dirinya sadar akan identitas gendernya sendiri. Sam Smith mengakui, mengalami masalah kecemasan berlebihan akan bentuk tubuh atau body dysmorphia membuat dirinya sadar akan identitas gendernya sendiri. (AFP/JEAN-BAPTISTE LACROIX)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sam Smith mengakui, mengalami masalah kecemasan berlebihan akan bentuk tubuh atau body dysmorphia membuat dirinya sadar akan identitas gendernya sendiri.

"Bagi saya, apa yang memicu segalanya adalah hal yang saya lakukan dengan masalah tubuh saya," kata penyanyi 28 tahun tersebut kala berbincang dengan The Sunday Times.

"Saya selalu memiliki body dysmorphia. Begitu saya membahas itu, saya mulai membahas soal gender saya dan menyadari bahwa saya menahan diri saya ke sosok ideal seorang pria," lanjutnya.


"Saat saya memeriksanya, saya melakukan terapi, saya menyadari ada yang lebih dari itu," kata Smith. "Saya punya paha perempuan dan saya punya payudara perempuan juga,"

"Saya mulai menyadari omongan yang selalu ada dalam benak saya," kata Sam Smith.

Sam Simth kemudian mengakui dirinya juga menjalani terapi dengan ahli nutrisi kala berupaya mengurangi bobot tubuhnya. Alhasil, ia berhasil menurunkan 22 kilogram.

Akan tetapi Smith menyebut dirinya termasuk golongan orang yang mudah gemuk, sekaligus juga mudah menurunkan bobotnya kembali.

Diberitakan People, Sam Smith pertama kali melela alias coming-out sebagai gender non-biner pada Mei 2019 lalu. Enam bulan kemudian, musisi Inggris itu mengganti kata sapaannya dengan "mereka" dalam sebuah unggahan di Instagram yang kini telah dihapus.

Gender non-biner atau genderqueer merupakan istilah gender yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang dengan identitas gender bukan spesifik pria maupun wanita, terlepas dari penampilan fisik atau pun jenis kelamin lahiriah atau biologis.

"Hari ini adalah sebuah hari yang baik, jadi ini dia. Setelah sepanjang hidup berperang dengan gender saya, saya memutuskan untuk merangkul diri saya sendiri atas siapa sejatinya saya, di luar dan dalam," kata Sam Smith kala itu, dikutip dari People.

"Saya sangat senang dan merasa terhormat dikelilingi oleh orang-orang yang mendukung saya dalam keputusan ini, tetapi saya sangat gugup mengumumkan hal ini karena saya terlalu peduli dengan apa yang orang pikirkan, tetapi persetan dengan itu!" tulis Smith.

"Saya mengerti akan ada banyak kesalahan dan salah pengertian soal gender saya tapi yang saya minta adalah tolong coba. Saya harap kalian dapat melihat saya seperti saya melihat diri saya sekarang. Terima kasih," katanya.

(end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK