4 Seleb Tergila-gila Ikan Cupang, Gisel hingga Nadine

CNN Indonesia | Minggu, 01/11/2020 20:36 WIB
Dari Gisella Anastasia hingga Nadine Chandra tergila-gila warna-warni ikan cupang dan menamakannya dengan nama-nama unik. Sheryl Sheinafia, seleb yang gandrung memelihara ikan cupang. (Screenshot via Instagram @Sherylsheinafia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memelihara ikan cupang menjadi salah satu tren hobi belakangan ini. Memelihara ikan hias air tawar itu dianggap menyenangkan bagi sebagian orang.

Kegiatan ini bahkan turut digandrungi beberapa selebritas tanah air. Sejumlah seleb pun rela merogoh kocek dalam-dalam demi mengoleksi ikan cupang dengan beragam warna memukau.

CNNIndonesia.com merangkum deretan seleb yang keranjingan mengoleksi warna-warni ikan cupang:


1. Gisella Anastasia

Lama tidak muncul di publik penyanyi sekaligus selebgram, Gisella Anastasia memiliki hobi baru memelihara ikan cupang dalam akuarium mini di rumahnya. Ibu satu anak ini mengaku awal memelihara ikan cupang setelah dihadiahi ikan cupang jenis Betta Sp oleh salah satu sahabatnya.

Lama kelamaan Gisel jatuh hati melihat keindahan warna dan bentuk ekor ikan cupang yang beraneka ragam. Ia kini memiliki puluhan ekor ikan cupang yang dirawat bersama putrinya, Gempi.

Berbagai jenis ikan cupang peliharaan Gisel mulai jenis halfmoon tail, rosetail, crowntail, dan plakat. Bahkan mantan istri Gading Marten ini sampai membuatkan ruangan khusus untuk menyimpan ikan cupang. Ia sendiri yang melakukan perawatan, mulai memberi makan berupa pelet dan cacing beku, menambahkan vitamin khusus agar ikan terhindar dari jamur, hingga menjaga kualitas pH air, termasuk membersihkan akuarium setiap tiga hari sekali.

[Gambas:Instagram]

2. Ashanty

Hobi memelihara ikan cupang juga digandrungi oleh Ashanty. Istri musisi Anang Hermansyah ini tertarik memelihara ikan cupang setelah kepincut dengan keindahan kilau warna sisik ikan cupang.

Ashanty bahkan sengaja mendatangkan berbagai jenis ikan cupang dari seorang kenalan baik yang juga peternak Betta Sp. Ashanty yang dari awal hanya ingin merawat beberapa ekor ikan, malah langsung memborong 50 ekor ikan cupang beraneka jenis dan warna.

Beberapa ikan sengaja Ia letakan di beberapa tempat sebagai elemen untuk mempercantik tampilan ruangan.

Hobi memelihara ikan cupang juga diikuti anak-anak Ashanty. Dengan ceria dan semangat, mereka kompak untuk ikut menjaga ikan cupang milik Ashanty dan memberikan nama yang lucu-lucu, seperti Ronaldo, Swiss Blue, Brazil, dan Portugal.

Tak mau kalah, Ashanty pun ikut menamai ikan cupangnya dengan nama artis Korea favorit seperti Lee Min Ho dan Hyun Bin.

Meskipun baru pertama kali terjun di hobi ikan hias, Ashanty sangat memperhatikan perawatan ikan cupang mulai teknik membersihkan wadah, memilih jenis pakan dan vitamin untuk ikan.

[Gambas:Instagram]

3. Sheryl Sheinafia

Musisi dan presenter, Sheryl Sheinafia, diam-diam memiliki hobi memelihara ikan cupang. Sheryl bahkan memasukkan ikan cupang dalam video klip single Setia.

Sheryl mengaku telah memelihara ikan cupang dari 2013. Saat itu koleksinya baru tujuh ekor. Artis 24 tahun ini juga memilih nama-nama yang unik untuk ikan-ikan cupang peliharaannya. Sebut saja Satu, Dua, Tiga, Empat, Lima, Friday, Saturday dan Sunday.

Di masa pandemi Covid-19, Sheryl mengaku lebih banyak menghabiskan waktunya untuk merawat ikan-ikan cupang di rumah mulai dari membersihkan akuarium, memberi makan, membeli perlengkapan untuk ikan cupang hingga mendatangkan ikan-ikan cupang baru yang kini total ada 30 ekor ikan cupang.

Sheryl tidak menyangka kegiatan yang bermula pada keisengan belaka kini berkembang menjadi hobi yang ia jalankan secara serius. Dalam beberapa bulan terakhir, Sheryl mulai belajar budidaya ikan cupang dengan bergabung dalam komunitas peternak Betta Sp untuk saling berbagi informasi mengenai bagaimana cara berternak ikan cupang yang benar untuk menambah pengetahuan tentang ikan yang Ia rawat.

Terdapat beberapa jenis ikan cupang yang Ia rawat, mulai dari jenis plakat, dan rosetail. Sheryl mengaku memang sengaja memilih dua jenis itu karena melihat keindahan tubuh dan sisik yang beragam warna.

Sheryl sangat menyayangi ikan cupang koleksinya yang Ia rawat dengan penuh kasih sayang layaknya mengurus anak sendiri. Sheryl bahkan kerap membagikan beberapa potret ikan cupang miliknya di laman Instagram.

[Gambas:Instagram]

4. Nadine Chandrawinata

Selebriti lain yang juga hobi memelihara ikan cupang adalah aktris keturunan Jerman, Nadine Chandrawinata. Nadine mengaku tertarik untuk terjun dalam hobi ini setelah terpikat dengan kemolekan bentuk dan warna ekor.

Tak main-main, Nadine bahkan telah menyiapkan rak khusus di taman kecil rumahnya untuk menyimpan ikan cupang. Bersama suaminya, Nadine dengan rajin merawat ikan cupang agar berkembang sehat dan lincah.

Nadine juga berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang baik dan berkualitas untuk ikan cupang seperti memberi makan cacing beku, pelet, dan kutu air. Nadine bahkan rutin mengganti air dalam wadah ikan cupang sebanyak 3 hari sekali demi menjaga kesehatan ikan-ikan cupangnya.

Seiring waktu, Nadine dan suami yang awalnya hanya iseng-iseng memelihara ikan cupang. Ia kini serius menekuni bisnis ini dan beralih menjadi peternak ikan cupang.

[Gambas:Instagram]

Dalam menjalankan bisnis peternak ikan cupang, Nadine dan Dimas rajin melakukan penyortiran untuk memisahkan ikan cupang dewasa siap kawin.

Dari hasil perkawinan yang berkali-kali, kini koleksi ikan cupang miliknya telah bertambah menjadi total ada 50 ekor. Nadine juga kerap mempromosikan hasil ternak ikan cupang di laman instagram, bahkan beberapa di antaranya juga diminati oleh rekan sesama artis.

Nadine memberikan nama yang unik untuk ikan-ikannya seperti Nuru, Tato, Biggie, Dala, Avatar, dan masih banyak lain.

(nly/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK