Gambaran Nyata Kehidupan Pulau Komodo dalam The Law of Jungle

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 05:36 WIB
Keindahan dan kehidupan liar di Pulau Komodo sempat ditunjukkan secara khusus dalam reality show Korea, The Law of Jungle. Foto ilustrasi. Bentang alam Pulau Komodo. (iStock/fototrav)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keindahan dan kehidupan liar di Pulau Komodo sempat ditunjukkan secara khusus dalam reality show Korea, The Law of Jungle. Hal itu dilakukan pada 2017, setelah tim The Law of Jungle menyambangi Kota Manado dan Pulau Sumatera beberapa waktu sebelumnya.

The Law of Jungle merupakan reality-documentary show yang setiap episodenya menampilkan para member, biasanya artis Korea, bertahan hidup di kawasan-kawasan terpencil dan terpelosok dunia.


Mereka harus mencari dan membuat makanan sendiri dari alam liar, serta tenda atau apapun untuk bermalam dan menjadi tempat beristirahat.

Pada pertengahan 2017, Kim Byung-man membawa timnya yang beranggotakan Hani EXID, Mingyu SEVENTEEN, Yang Dong-geun, Jo Jeong-sik, Kangnam, Lee Wan, serta Song Jae-hee bermalam dan menghabiskan waktu di Pulau Komodo. Komedian senior Lee Soo-geun turut meramaikan perjalanan kala itu.

Tim The Law of Jungle kala itu harus bertahan hidup di Taman Nasional Komodo. Mereka tak hanya akan menghadapi perubahan cuaca dan lingkungan tapi juga berhadapan langsung dengan pemilik rumah yakni komodo.

Taman Nasional Komodo telah ditetapkan sebagai salah satu situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Taman Nasional Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini juga pernah masuk ke daftar New Seven Wonders (Tujuh Keajaiban Dunia), karena keajaiban alam dan spesies yang ada di alamnya.

Episode tersebut pun diberi tema The Legend of Komodo. Menariknya, tim produksi sama sekali tidak memberi tahu destinasi mereka dari awal. Hal itu baru pertama kali dilakukan untuk episode tersebut. Mereka juga harus menjalani tes pengetahuan umum satwa liar dan kesehatan fisik.

Para anggota terkejut ketika mengetahui 'penjaga' kawasan bermalam mereka kala itu setelah tim produksi memperlihatkan video singkat dan memberi tahu mereka sedang berada di habitat 5.000 komodo.

"Itu dinosaurus," kata Jo Jeong-sik.

"Lokasi ini persis terlihat seperti adegan di Jurassic Park. Mereka beneran di sini?," tutur Hani EXID sambil terlihat khawatir.

"Ini benar-benar terasa seperti dinosaurus akan mengintip di belakang kami. Kami harus sangat berhati-hati. Kami harus siaga penuh," ucap Kim Byung-man.

[Gambas:Youtube]

Usai menyaksikan video tersebut, petualangan pun dimulai. Hari semakin gelap, anggota The Law of Jungle pun harus segera mencari kawasan yang aman untuk beristirahat malam itu. Belum lagi mendapatkan lokasi yang aman, mereka malah menemukan bangkai tulang bekas santapan komodo.

"Aku merasa seolah naga-naga Komodo sedang memperhatikan kita," ucap Mingyu.

Dalam potongan video lainnya, tim The Law of Jungle bahkan menyaksikan langsung aksi komodo berburu mangsa. Kepanikan jelas terlihat ketika mereka berhadapan langsung dengan satwa yang disebut dinosaurus terakhir di muka Bumi tersebut.

Keseruan serta ketegangan para member bertahan hidup di Pulau Komodo bisa disaksikan kembali dalam episode 274 The Law of Jungle di Viu.

(chri/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK