4 Film Kocak Stephen Chow Menemani Libur Panjang

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 13:52 WIB
Berikut empat film action comedy yang dibintangi dan disutradarai Stephen Chow untuk menemani libur panjang Anda. Aktor dan sutradara komedi aksi Stephen Chow Getty. (Images/AFP/Kevin Winter)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi pecinta film aksi, tentu sudah tidak asing lagi dengan sosok Stephen Chow yang dikenal piawai membawakan karakter lucu dan kocak dengan bumbu aksi kungfu yang memukau.

Tak hanya lihai di depan kamera, Stephen Chow juga kerap terlibat dalam sejumlah film yang ia bintangi. Beberapa film diantaranya bahkan sukses dan populer di daratan Hong Kong hingga Asia, termasuk Indonesia.

Berikut beberapa film garapan Stephen Chow yang telah dirangkum oleh CNNIndonesia.


1. Kungfu Hustle

Stephen Chow pamer aksi bela diri kungfu yang memukau dalam film komedi aksi Kungfu Hustle. Berlatar Kota Shanghai di tahun 1930-an, Kung Fu Hustle mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Xing (Stephen Chow) yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak Merah.

Demi membuktikan dirinya layak masuk geng Kapak Merah, Xing dan sahabatnya, Bone (Tze-Chung Lam), mengaku sebagai anggota Geng kapak untuk 'memeras' warga rumah susun.Geng yang diketuai oleh Kakak Sum (Danny Chan Kwok-kwan) ini sangat ditakuti dan disegani oleh lawan-lawannya, termasuk pihak kepolisian.

Namun upaya mereka digagalkan oleh sang pemilik rusun (Qiu Yuen dan Wah Yuen) yang ternyata jago bela diri. Akibat ulah Xing dan Bone para penghuni rusun diserbu oleh geng Kapak Merah yang sebenarnya. Melihat serbuan dari Geng Kapak Merah, tiga warga rusun yang ternyata jago bela diri akhirnya turun tangan.

Tak terima dipermalukan oleh warga rusun, geng kapak merah murka dan mengincar Xing dan Bone. Beruntung nyawa mereka masih terselamatkan berkat bantuan dari pasangan pemilik rusun. Keduanya bahkan merawat Xing yang terluka parah akibat serangan geng kapak merah.

Setelah melewati masa pemulihan, Xing bangkit dengan memiliki ilmu bela diri yang sangat tinggi. Xing akhirnya berbalik menyerang geng kapak merah yang telah berlaku semena-mena terhadap rakyat lemah.

Kung Fu Hustle merupakan film yang diproduksi tahun 2004. Selain menjadi pemeran utama, Stephen Chow juga ambil bagian dalam proses produksi sebagai sutradara dan penulis naskah bersama jajaran produser lain.

Lewat aksi Stephen Chow yang memukau, Kungfu Hustle mendapat pengakuan di berbagai negara dan memenangkan beberapa penghargaan film mulai dari Film Terbaik, Koreografi Aksi Terbaik, Penyuntingan Film Terbaik, Efek Suara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik dan Efek Visual Terbaik.

Kungfu Hustle juga mengantar Stephen Chow memenangkan kategori Sutradara Terbaik dalam ajang penghargaan bergengsi Golden Horse Awards.

2. Saolin Soccer

Deretan aksi bela diri kungfu dari Stephen Chow juga mewarnai film action comedy bertema olahraga sepak bola, Shaolin Soccer.

Film ini mengisahkan seorang pengikut Shaolin, Sing (Stephen Chow) yang memutuskan untuk bergabung dengan Team Evil, klub sepak bola terkenal di Hong Kong. Namun keinginan Sing ditolak mentah-mentah bahkan dipermalukan oleh pemilik klub.

Tak ingin menyerah dengan keadaan, Sing mengumpulkan saudara perguruan lain untuk membentuk tim sepak bola yang kuat dengan memadukan teknik bela diri Shaolin. Setelah melalui proses yang panjang, Sing sukses membentuk tim sepak bola dengan lima ahli bela diri Shaolin bernama Team Shaolin.

Bersama Tim Shaolin, Sing berusaha menghentikan Tim Evil yang kerap berlaku semena-mena untuk memenangkan kejuaraan sepak bola.

Film ini juga menjadi film garapan Stephen Chow yang berangkat dari keinginannya untuk menciptakan film seni bela diri yang berbeda dari yang ada di pasaran. Ia juga berambisi membuat seni bela diri Kungfu semakin dikenal dunia.

Stephen Chow bahkan menggandeng sejumlah aktor terbaik di Hong Kong seperti Man-Tat Ng, Wei Zhao, dan Yin Tse.

Tak hanya sekedar menampilkan aksi bela diri Kungfu yang menegangkan, film ini juga dibumbui kisah asmara berbalut komedi yang menggelitik.

Kombinasi unik kungfu dan sepak bola membawa Shaolin Soccer sebagai film dengan pemasukan tertinggi, sebelum kelak dikalahkan juga oleh film Stephen Chow yang lain berjudul Kung Fu Hustle yang rilis pada 2004.

Film ini juga membawa Stephen Chow meraih sejumlah penghargaan salah satunya sebagai Aktor Terbaik dan Sutradara Terbaik dalam Festival Film Hong Kong. Penghargaan itu melengkapi penghargaan lain yang juga diraih oleh film ini, yaitu kategori Visual Terbaik dan juga Pemeran Pembantu Terbaik.

3. CJ7

CJ7 juga menjadi salah satu film garapan aktor kenamaan Hong Kong, Stephen Chow. Film ini sempat populer di era 2000-an.

Film science fiction yang diproduseri, disutradarai, dan dibintangi oleh Stephen Chow ini mengisahkan seorang bocah bernama Dicky (Xo Jian), dan ayahnya, Ti (Stephen Chow) yang hidup dalam kemiskinan. Saking miskinnya, mereka bahkan tinggal di tempat pembuangan sampah.

Ti harus bekerja keras agar tetap bisa membiayai anaknya yang bersekolah di tempat yang bagus. Hingga suatu hari, secara tidak sengaja Ti menemukan sebuah bola lucu di tempat kerjanya. Bola itu kemudian dihadiahkan kepada anak tercinta.

Keesokan harinya, mereka dikejutkan dengan kehadiran sebuah makhluk berbulu yang keluar dari bola tersebut. Makhluk itu mereka beri nama dengan CJ7. Sejak kedatangan CJ7, kehidupan Ti dan Dicky menjadi lebih seru.

Dicky kerap membawa CJ7 ke mana pun ia pergi mulai dari membawanya ke sekolah hingga bermain di taman. Namun, suatu hari Dicky harus kehilangan CJ7 untuk selama-lamanya.

Lagi-lagi Stephen Chow terlibat dalam proses produksi film yang ia bintangi. Dalam film ini, aktor asal Hong Kong itu mengambil peran sebagai produser, sutradara, sekaligus penulis cerita.

Berbeda dengan film-filmnya yang terdahulu, dalam film ini Stephen Chow juga piawai berakting kocak yang mengundang gelak tawa.

CJ7 termasuk dalam jajaran film garapan Stephen Chow yang laris di pasaran. Film ini memperoleh pendapatan sebesar US$47,3 juta atau setara Rp692 miliar.

4. King Of Comedy

Akting kocak Stephen Chow juga mewarnai film drama komedi King of Comedy. Film yang dirilis pada 1999 ini mengisahkan Wan Tin-sau (Stephen Chow) seorang mentor akting dan drama di sebuah desa.

Di waktu luang, dia juga berprofesi sebagai seorang aktor bekerja sambilan sebagai pemain tambahan demi mewujudkan cita-citanya sebagai seorang aktor terkenal.

Suatu hari, sekelompok gadis datang meminta bantuan Wan untuk mengajari mereka berakting seperti anak sekolah yang polos demi mendapatkan uang.

Salah satu gadis, Lau Piu-piu (Cecilia Cheung), awalnya skeptis dengan saran dari Wan yang dinilai sebagai aktor gagal. Namun lama kelamaan, Lau terpukau dengan kemampuan Wan dan akhirnya mereka jatuh cinta.

Wan dan Lau yang saling jatuh cinta bertekad untuk hidup bersama di kota. Namun, rencana yang awalnya berjalan lancar berubah menjadi bencana setelah Wan terlibat dalam operasi penyamaran yang berbahaya.

Beruntung mereka akhirnya dapat lolos dari ancaman penjahat dan menjadi seorang aktor yang terkenal.
Tidak seperti film Stephen Chow yang lain, King of Comedy cenderung kental dengan unsur drama komedi.

Jalan cerita dalam film ini diangkat dari perjalanan awal karir Stephen Chow, saat ia memulai sebagai aktor pembantu. Film ini juga menampilkan cameo pendek Jackie Chan, yang juga memulai karirnya sebagai aktor tambahan.

(nly/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK