Polemik Proyek Pulau Komodo dan Nostalgia Si Komo Lewat

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 11:10 WIB
Film dan lagu Si Komo Lewat jadi nostalgia generasi 1990-an di tengah isu polemik 'Jurassic Park' di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo. Foto ilustrasi. Cuplikan Si Komo (kiri) mengobrol dengan Dompu. (Screen Shot via Youtube Kak Seto Sahabat Anak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komodo telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keunikan Indonesia. Hewan melata ini bahkan telah menjadi sosok ikonis dalam tayangan serial televisi anak-anak, Si Komo yang populer di era 90-an.

Si Komo, merupakan salah satu ikon serial TV anak-anak zaman dulu yang dipandu oleh aktivis sekaligus pemerhati anak, Seto Mulyadi. Dari film, Si Komo juga pernah mendapat tempat spesial di hati anak-anak melalui lagu berjudul Si Komo Lewat Jalan Tol pada awal 1990-an.

"Macet lagi, jalanan macet...Gara-gara si komo lewat..."


Itulah penggalan lagu anak-anak dipopulerkan Melissa yang menjadi pembuka acara serial televisi boneka Si Komo. Serial televisi Si Komo ini merupakan salah satu serial televisi anak-anak yang sempat populer pada tahun 1991.

Serial ini ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia, yakni Stasiun Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). Tayangan ini merupakan salah satu acara favorit anak-anak Indonesia, yang dikemas secara apik dan menarik.

TO GO WITH Indonesia-animals-environment-tourism FEATURE by Jerome RivetA photo taken on December 3, 2010 shows Komodo dragons on Rinca island part of the protected area of Komodo National Park. They don't breathe fire but Komodo dragons -- the largest lizards in the world -- can kill a buffalo or any one of the intrepid tourists who flock to their deserted island habitats. Three metres (10 feet) long and weighing up to 70 kilograms (150 pounds), Komodo dragons are lethargic, lumbering creatures but they have a fearsome reputation for devouring anything they can, including their own. AFP PHOTO / ROMEO GACAD (Photo by Romeo GACAD / AFP)Hewan komodo, satu-satunya reptil purba yang hidup di Indonesia. (AFP/ROMEO GACAD)

Dalam klip video tersebut si komo atau si komodo bermain ke kota untuk berjalan-jalan dan melihat pembangunan kota yang sangat maju.

Si komo berjalan-jalan menyusuri ibu kota melintasi beberapa jalanan utama seperti Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Gara-gara si komo lewat jalanan menjadi macet dan membuat warga kesal bahkan membuat polisi kebingungan. Si komo pun menyusuri tempat-tempat ikonis di Jakarta seperti Taman Mini Indonesia Indah, Bundaran H.I dan terakhir ke Monas.

Si Komo adalah nama singkatan yang diambil dari si Komodo yang menjadi tokoh utama dalam serial dongeng anak-anak yang dibawakan oleh Kak Seto.

Ada cerita menarik soal boneka Si Komo. Boneka Si Komo yang tampil di televisi sebenarnya bukanlah sosok hewan komodo. Itu merupakan sosok binatang lain yang dibeli oleh kak Seto ketika berkunjung ke Disneyland, Amerika Serikat.

Dalam serial dongeng Si Komo, Kak Seto juga memperkenalkan sejumlah karakter boneka lain yang nama-namanya diambil dari singkatan seperti Dompu yang merupakan kependekan dari Domba Putih.

Ada pula Piko si Sapi Kokoh, atau Belu si Bebek Lucu, serta karakter Ulil yang merupakan kependekan dari Ulat Jahil.

Belakangan ini, reptil purbakala asli Indonesia, komodo kini sedang menjadi buah perbincangan warganet tanah air.

Hal ini menyusul beredar foto seekor komodo tengah berhadapan dengan truk di TN Komodo beberapa waktu lalu.

Foto tersebut diambil oleh seorang warga yang berada di lokasi Pembangunan Jurassic Park di area Taman Nasional Komodo Pulau Rinca.

Proyek tersebut merupakan salah satu rencana pemerintah untuk mendongkrak sektor pariwisata dalam negeri lewat mega proyek pemugaran kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rencana ini menarik perhatian di kalangan warga tanah air. Mereka khawatir rencana tersebut bakal mengancam ekosistem dan kelangsungan hidup komodo yang telah masuk kategori hewan langka dilindungi.

Sejak beberapa hari lalu warganet pun kompak menyuarakan #SaveKomodo sebagai bentuk keprihatinan terhadap kelangsungan hidup kadal raksasa itu. Beberapa warganet bahkan membuat meme kocak terkait isu ini.

(nly/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK