6 Rekomendasi Film di Hari Ayah Nasional

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 12:01 WIB
Tepat di Hari Ayah Nasional pada 12 November, berikut rekomendasi film tentang ayah, bahkan aktor utamanya terbilang sukses memerankan sosok ayah. Tepat di Hari Ayah Nasional pada 12 November, berikut rekomendasi film tentang ayah, bahkan aktor utamanya terbilang sukses memerankan sosok ayah. (Foto: Arsip Bumi Prasidi Bi-Epsi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sosok ayah dalam keluarga turut memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter anak. Hubungan emosional ayah dengan anak seringkali begitu dekat, apalagi saat anak masih kecil.

Memiliki karakter yang baik, bijaksana, dan menyejukkan hati menjadi sifat yang biasanya dimiliki seorang ayah. Hal ini tergambar dalam beberapa film yang menghadirkan sosok ayah, yang kerap mewakili peranan ayah dalam keluarga pada umumnya.

Tepat di Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November ini, berikut rekomendasi film Indonesia yang bisa ditonton bersama keluarga.



1. Orang Kaya Baru (2019)

OKB 'Orang Kaya Baru'Foto: Dok. Screenplay Films via Youtube
Rekomendasi film di Hari Ayah Nasional: OKB 'Orang Kaya Baru' yang dibintangi Lukman Sardi

Sosok ayah yang dilakoni Lukman Sardi dalam film Orang Kaya Baru mengisahkan sebuah keluarga dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan.

Pada film ini Lukman tidak jarang memberikan contoh kesederhanaan untuk ketiga anaknya, yang bertujuan untuk memberikan bekal kehidupan saat dewasa kelak.

Meski film ini bernuansa komedi, sosok ayah yang diperankan dinilai berhasil membuat hangat atmosfer sebuah keluarga di dalam rumah.

Film ini menceritakan sebuah keluarga sederhana yang kehidupanya serba pas-pasan. Suatu hari sang ayah meninggal dunia, dan menuliskan wasiat pada seorang pengacara. Melalui wasiat tersebut pengacara mengungkap harta berlimpah yang diwariskan kepada anak dan istrinya.

Petuah dan nasehat yang sering diberikan Bapak, menjadi pelajaran yang diaplikasikan kepada anak dan istrinya untuk menjalankan kehidupan sederhana meskipun bergelimang harta.


2. Sabtu Bersama Bapak (2016)

[Gambas:Youtube]

Meski terbilang muda, Abimana Aryasatya diutus oleh sutradara (Monty Tiwa) untuk memerankan sosok ayah dalam film Sabtu Bersama Bapak.

Film ini mengisahkan sebuah keluarga kecil, yang dikaruniai dua anak pria. Saat Satya (Deva Mahendra) dan Cakra (Arifin Putra) masih kecil, sang bapak (Abimana Aryasatya) mengidap penyakit dan mengetahui masa hidupnya tidak akan lebih dari satu tahun lagi.

Gunawan memutuskan untuk membuat banyak rekaman yang berisi pesan dan petuah untuk kedua anaknya.

Rekaman yang diputar oleh ibu (Ira Wibowo) setiap sabtu ini, tidak jarang mewakili nasehat yang berisi makna kehidupan untuk Satya dan Cakra. Sampai akhirnya kedua anak tersebut tumbuh dewasa dan sukses.

Penokohan Abimana dalam film ini dinilai mewakili nasihat bapak kepada anaknya, meskipun sang bapak sudah meninggal dunia. Hangatnya komunikasi bapak dengan anak memiliki sinyal tersendiri meskipun terbatas, hanya melalui rekaman saja.


3. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015)

[Gambas:Youtube]

Film ini mengisahkan perjuangan tiada akhir seorang ayah kepada anaknya. Juna (Fedi Nuril) merupakan seorang pria keturunan Jawa yang ditentang keluarganya lantaran hendak menikahi gadis asal jepang bernama Keisha.

Namun tentangan keluarga tidak menggentarkan cinta mereka untuk berakhir di pelaminan.

Setelah Juna dan Keisha menikah, mereka dikaruniai seorang anak bernama Mada. Akan tetapi kelahiran bayi tersebut juga menjadi akhir kehidupan dari istrinya, Keisha.

Setelah beranjak remaja, Mada divonis mengidap kanker otak. Kisah haru dan perjuangan seorang ayah tercermin dalam film ini. Juna harus mengurus dan mendampingi Mada dalam melawan penyakitnya.

Kasih sayang seorang ayah terlihat jelas pada film ini, terlebih Juna harus berjuang sendiri tanpa pendamping yang pada umumnya dimiliki oleh keluarga yang utuh.

Rekomendasi film untuk di hari ayah nasional ini diangkat dari kisah nyata yang diadaptasi dari novel karya Kirana Kejora dan disutradarai oleh Hanny Saputra.


4. Tampan Tailor (2013)

Tampan Tailor (2013)Foto: Max Pictures
Rekomendasi film di Hari Ayah Nasional: Tampan Tailor yang dibintangi Vino G. Bastian

Film Tampan Tailor disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, dan merupakan sebuah kisah nyata pemilik jasa jahit Harry's Palmer yang menghidupkan seorang anak laki-laki, tanpa didampingi sang istri.

Vino G Bastian memerankan sosok ayah (Topan) yang merupakan seorang penjahit. Selain kehilangan istri, Topan juga terancam kehilangan profesinya sebagai penjahit dan nyaris kehilangan masa depan anaknya yang dikeluarkan dari sekolah karena tidak ada biaya.

Dengan segala upaya, Topan berjuang demi menghidupi anaknya dengan menjajal bermacam profesi. Mulai dari calo tiket kereta, kuli bangunan hingga menjadi stuntman yang dinilai membahayakan dirinya.

Perjuangan seorang ayah untuk menyambung hidup seorang anak, tercermin dari lakon yang dimainkan Vino G Bastian. 


5. Nagabonar Jadi 2 (2007)

Naga Bonar Jadi 2 (2007)Foto: Arsip Bumi Prasidi Bi-Epsi
Rekomendasi film di Hari Ayah Nasional: Naga Bonar Jadi 2 yang dibintangi Deddy Mizwar

Naga Bonar Jadi 2 berkisah tentang hubungan Nagabonar (Deddy Mizwar) dan putranya Bonaga (Tora Sudiro) yang dikemas dalam suasana metropolis. Film ini merupakan sekuel dari Nagabonar (1987) dan didedikasikan untuk Almarhum Drs Asrul Sani sang pencipta tokoh Nagabonar.

Dalam kisahnya Nagabonar merupakan orang tua tunggal yang menghidupi seorang anak laki-laki bernama Bonaga, setelah ditinggal istrinya Kirana. Setelah Indonesia merdeka, Nagabonar menjadi pengusaha sukses di Jakarta.

Kedekatan sosok ayah dengan anaknya tercermin jelas dalam film ini. Bonaga memiliki watak dan karakter yang sama dengan ayahnya. Jujur, bertanggung jawab, dan tidak dapat menyatakan cinta pada lawan jenis.

Menjadi sosok ayah dalam film ini, Deddy Mizwar tidak jarang memunculkan adegan kehangatan dengan sang anak yang sering dilakukan oleh ayah pada umumnya. Tak jarang Nagabonar memberikan petuah pada anaknya, layaknya sosok ayah di dunia nyata.


6. Lovely Man (2011)

Lovely Man. Kredit: YouTube Karuna PicturesFoto: Karuna Pictures
Rekomendasi film di Hari Ayah Nasional: Lovely Man, yang dibintangi Donny Damara

Perjalanan Cahya (Raihanun) dalam mencari akhirnya terungkap. Tanpa disangka, sosok ayah yang umumnya berpenampilan maskulin kini memiliki tampilan yang feminin dan berprofesi sebagai waria.

Bukan tanpa alasan, cara ini ditempuh agar dapat berpenghasilan di tengah sulitnya mencari penghasilan di ibu kota.

Berbekal uang yang secukupnya, Cahya bertolak ke Ibu kota untuk mencari ayah yang telah meninggalkannya sejak usia empat tahun. Sekarang, lima belas tahun sudah Cahya tidak mendapatkan dekapan hangat dari Saiful (Donny Damara).

Meski peran ayah pada film Lovely Man ini berbeda dengan lainnya, hubungan Cahya dan Saiful dinilai memiliki kedekatan yang mencerminkan peranan ayah kepada anak pada umumnya. Namun perubahan pemikiran ayahnya membuat dia teguh untuk tidak kembali ke kehidupan normal.

Usai mengetahui rekomendasi film di hari ayah nasional tersebut, Anda dapat menontonnya kembali pada layanan nonton berbayar untuk mengingat dan mengenang perjuangan ayah yang juga diperingati menjadi Hari Ayah Nasional.

(cha/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK