7 Fakta Menarik Terkuak di Serial The Queen's Gambit

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 13:26 WIB
Setidaknya terdapat tujuh fakta menarik yang terkuak dari serial The Queen's Gambit yang diperankan Anya Taylor-Joy. Beth Harmon menghadapi Vasily Borgov di final pertandingan catur dunia dalam serial The Queen's Gambit. (Doc. IMDB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setidaknya terdapat tujuh fakta menarik yang terkuak dari serial The Queen's Gambit.

Serial The Queen's Gambit yang tayang di Netflix diangkat dari novel karya Walter Tevis dengan judul yang sama. Film itu menceritakan kehidupan wanita jawara catur dunia dari Amerika Serikat di era 1960-an

Nama The Queen's Gambit sendiri diambil dari salah satu strategi terutama dalam pembukaan permainan catur. Elizabeth Harmon, karakter utama di film itu, menggunakan strategi tersebut ketika menghadapi pecatur asal Uni Soviet, Vasily Borgov, di final.


Beth Harmon yang jenius dan tertutup sangat pas diperankan oleh aktris Anya Taylor-Joy.

Serial ini menyajikan keseruan bagi para pencinta catur. Plot dalam catur dibuat sedemikian nyata sesuai permainan catur pro. Bahkan, sejumlah pengamat catur mencoba merekonstruksi langkah-langkah permainan di serial The Queen's Gambit.

Meski demikian, film ini juga tetap mengundang rasa penasaran bagi penonton yang sebelumnya kurang tertarik dengan permainan catur.

Berikut tujuh fakta tersembunyi yang terkuat di film The Queen's Gambit seperti dikutip dari Elite Daily:

1. Gagal Diangkat ke Layar Lebar

Novel The Queen's Gambit nyaris diangkat ke dalam layar lebar. Total sudah tiga dari enam novel Walter Tevis yang pernah diadaptasi ke layar lebar.

Begitu pula The Queen's Gambit yang sempat akan dimainkan aktris Ellen Page. Namun, sang aktris meninggal pada 2008 sehingga rencana memfilmkan novel itu buyar.

2. Anya Taylor-Joy Langsung Kepincut Tapa Melihat Naskah

Anya Taylor-Joy langsung jatuh hati dengan ide serial The Queen's Gambit. Ia bahkan langsung memilih bergabung ke proyek itu tanpa harus membaca terlebih dahulu skripnya.

Taylor-Joy memerankan Elizabeth Harmon, sang jawara catur asal AS di era 1960-an. Cerita ini sendiri merupakan kisah fiktif.

3. Benny Watts Berdasarkan Pemain Catur Legendaris

Salah satu karakter dalam film ity, Benny Watts, dibangun berdasarkan legend catur sesungguhnya. Tevis menciptakan karakter Watts berdasarkan kisah hidup Grandmaster, Bobby Fischer. Namanya dikenang setelah juara dunia pada usia 13.

4. Nyaris Melibatkan Grandmaster Sungguhan

Serial The Queen's Gambit season 1 rupanya nyaris melibatkan Grandmaster catur sungguhan, Garry Kasparov. Kasparov dan pelatih catur Amerika Serikat Bruce Pandolfini direkrut untuk menyusun skenario permainan catur sungguhan di serial itu.

Sang sutradara sempat ingin memasukkan Kasparov sebagai salah satu pemeran di film itu. Namun, rencana tersebut urung diwujudkan.

5. Skenario Asli Permainan Catur

Di bawah arahan Pandolfini dan Kasparov, adegan serial itu dilakukan dengan gerakan-gerakan permainan catur sungguhan.

Sang pemeran benar-benar memainkan catur sesuai arahan Grandmaster catur. Meski kamera tak selalu menyoroti papan catur, permainan tetap berjalan secara sungguhan.

6. Kecepatan Sungguhan Pemainan Catur

Bukan hanya langkah demi langkah, kecepatan permainan catur dalam serial itu juga dibuat secara sungguhan.

Para pemeran benar-benar belajar strategi catur tersebut. Anya-Taylor pun mengakui nyaris frustrasi untuk mempelajarinya.

7. Kostum Beth Terinspirasi Catur

Salah satu yang menarik adalah desain kostum karakter utama, Beth Harmon. Pakaian yang dikenakan Beth setiap pertandingan rupanya didesain terinspirasi dari motif dan bentuk catur.

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK