Mengenal Strategi Catur dalam Serial The Queen's Gambit

CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 14:22 WIB
Judul serial The Queen's Gambit diambil dari salah satu strategi pembukaan catur yang dimainkan oleh pemeran utama. Serial The Queen's Gambit. (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serial The Queen's Gambit yang rilis kurang lebih sebulan lalu masih menjadi perbincangan hangat. Pembahasan itu mulai dari cerita yang menarik sampai menjadi serial terbatas yang paling banyak ditonton sepanjang sejarah layanan streaming Netflix.

Berisikan tujuh episode, The Queen's Gambit mengisahkan kehidupan pecatur hebat bernama Elizabeth Harmon. Judul novel dan serial ini diadaptasi dari salah satu strategi permainan catur di dunia nyata yang paling terkenal.

Beth dikisahkan kerap menggunakan strategi pembuka The Queen's Gambit untuk menghadapi lawan. Dengan strategi itu ia berhasil memenangkan banyak pertandingan hingga akhirnya dijuluki The Queens Gambit.


Sebagaimana penjelasan The Chess Website, strategi The Queen's Gambit disebut kurang masuk akal. Pasalnya dalam strategi ini pion yang ada di depan raja dijalankan ke kotak d4 untuk dikorbankan sementara.

Namun, sebenarnya pengorbanan pion sementara dilakukan agar ratu bisa bergerak di awal permainan. Tujuan dari strategi ini adalah menguasai bagian tengah papan catur di awal pertandingan agar lawan terdesak.

Meski demikian, pecatur yang menggunakan The Queen's Gambit tidak boleh lengah dalam mempertahankan bagian tengah papan catur. Bila gagal bertahan, maka kemenangan pengguna strategi ini terancam.

Beth sendiri berpikir keras menggunakan The Queen's Gambit dalam kejuaraan dunia melawan pecatur Rusia, Vasily Borgov di kandangnya. Ia tidak ingin strategi itu menjadi bumerang, mengingat Borgov terkenal 'kejam' pada babak akhir pertandingan.

Terlebih, Beth sudah dua kali dikalahkan oleh Borgov yang cukup membuatnya gagal dan tertekan. Ia pertama kali kalah dari Borgov pada pertandingan di Meksiko, dan kemudian kalah di Paris.

Pada pertandingan dengan Borgov di Moskow, Beth mempertahankan bagian tengah papan catur dengan baik. Setelah menjalankan pion sebagai strategi pembuka The Queen's Gambit, ia menjalankan bidak kuda dan gajah.

Borgov tampak kesulitan di awal karena ruang gerak di bagian tengah sudah padat. Ia juga tidak bisa asal memakan bidak catur Beth di bagian tengah karena semua bidak saling menjaga sehingga bisa memakan kembali.

[Gambas:Youtube]

Beth juga tidak tinggal diam ketika Borgov coba mempersiapkan serangan dari bagian kanan papan catur. Ia menempatkan satu bidak pion dan gajah untuk mempersempit pergerakan Borgov.

Pertandingan mereka berdua berjalan alot, dan Beth berhasil menguasai permainan sampai babak pertengahan. Bahkan Borgov meminta permainan melawan Beth dilanjutkan besok, padahal sebelumnya ia tidak pernah melakukan ini.

Pada akhirnya, Beth berhasil memenangkan pertandingan yang sangat sengit setelah beberapa kali terancam kalah. Bukan hanya karena kemampuan sendiri, ia berhasil menang juga karena bantuan sahabatnya dalam menjalankan strategi di babak akhir pertandingan.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK