Hiu Jaws Raksasa Mejeng di Museum Oscar

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 00:20 WIB
Patung hiu dari film Jaws dengan berat sekitar 540 kilogram ini menjadi objek terbesar yang menjadi koleksi Museum Oscar. Patung hiu dari film Jaws dengan berat sekitar 540 kilogram ini menjadi objek terbesar yang menjadi koleksi Museum Oscar. (AFP/TARIK TINAZAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seekor 'hiu' raksasa menghiasi Museum Oscar di kota Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin (23/11). Instalasi hiu yang diadaptasi dari film blockbuster Jaws tersebut siap menjadi magnet hiburan baru dari museum itu.

Patung hiu raksasa berjuluk "Bruce the Shark" yang menjadi sosok ikonis dalam salah satu film arahan Steven Spielberg tersebut menggantung di atas ketinggian 9 meter di lantai 3 Museum Oscar.

Hiu raksasa yang terbuat dari fiberglass ini menirukan sosok hiu yang terkenal dalam film klasik yang pernah berjaya pada 1975 tersebut. Patung dengan lebar 1,5 meter ini diangkat menggunakan crane melalui jendela museum karena petugas kesulitan membawanya melalui pintu lift museum.


"Ini adalah sebuah perjalanan panjang bagi Bruce yang telah kami miliki sejak 2016, dan kami sangat senang dapat menjadi rumah barunya," kata Presiden Museum Academy of Motion Pictures, Bill Kramer.

Patung dengan berat sekitar 540 kilogram tersebut menjadi objek terbesar yang menjadi koleksi Museum Oscar. Selain patung hiu raksasa tersebut, terdapat karya seni lain yang akan menghiasi museum unik ini.

Nantinya museum yang didirikan oleh the Academy of Motion Pictures Arts and Sciences itu menampilkan karya seni dalam deretan film keluaran Hollywood.

Dikutip dari AFP, museum ini siap menampilkan lebih dari 13 juta foto, beberapa naskah, kostum dan properti termasuk sandal dari batu ruby yang dikenakan Judy Garland dalam film Wizard of Oz dan jubah yang dipakai Bela Lugosi dalam film Dracula.

Museum yang menyimpan koleksi yang diangkat dalam film-film terkenal ini siap beroperasi pada 30 April 2021. Sampai saat ini, seluruh museum di Los Angeles ditutup akibat pandemi Covid-19.

Selain menampilkan koleksi yang tidak biasa, museum ini juga dilengkapi dengan teater berkapasitas 1.000 tempat duduk. Bangunan ini juga mengusung konsep futuristik yang terlihat dari model bangunan berbentuk lingkaran hasil rancangan arsitek asal Italia, Renzo Piano.

"Kami tidak sabar untuk segera menyambut pembukaan museum ini sehingga para pengunjung dapat berinteraksi dengan koleksi kami, dan merasakan pengalaman menikmati keindahan bangunan buatan Renzo Piano, termasuk melihat langsung salah satu karakter ikonik dalam film bersejarah," tambah Kramer.

(AFP, nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK