Beda Record of the Year dan Song of the Year di Grammy Awards

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 23:23 WIB
Di Grammy Awards, perbedaan dari Record Of The Year dan Song Of The Year terlihat dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses penggarapan karya. Perbedaan dari Record Of The Year dan Song Of The Year di Grammy Awards terlihat dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses penggarapan karya. (AFP/GABRIEL BOUYS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengumuman nama-nama musisi yang akan bersaing dalam acara Grammy Awards 2021 telah selesai. Dari sekian banyak kategori yang diperebutkan, terdapat dua kategori yang selalu paling ditunggu-tunggu yakni kategori Record of the Year dan Album of the Year.

Melansir dari laman Grammy Awards, perbedaan yang sangat jelas dari Record Of The Year dan Song Of The Year terlihat dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses penggarapan lagunya.

Record Of The Year adalah nominasi yang diberikan secara spesifik untuk sebuah lagu, termasuk mengakui seluruh pihak yang terlibat dalam proses rekaman. Sementara kategori Song Of The Year hanya mengakui lagu dan penulisnya saja.


Pengertian Record Of The Year

Kategori Record Of The Year diberikan kepada artis, produser dan penata musik yang terlibat dalam proses rekaman sebuah lagu. Contohnya pada Grammy Award ke-57, piala Grammy untuk kategori Record Of The Year jatuh pada lagu "Stay With Me (Darkchild Version)" dari Sam Smith.

Piala itu ditujukan untuk Sam Smith sebagai penyanyi utama, dan tiga produser, serta empat penata musik yang terlibat dalam proses pembuatan lagu, mulai dari proses rekaman hingga dirilis.

Sementara itu di ajang Grammy Awards 2021, kategori Record Of The Year diperebutkan oleh single BLACK PARADE dari Beyoncé, Colors dari Black Pumas, Rockstars dari DaBaby featuring Roddy Ricch, Say So dari Doja Cat, everything i wanted dari Billie Eilish, Don't Start Now dari Dua lipa, Circles dari Post Malone, dan Savage dari Megan Thee Stallion featuring Beyoncé.

[Gambas:Youtube]



Pengertian Song Of The Year

Sementara itu, kategori Song Of The Year diberikan hanya kepada penulis lagu tanpa melibatkan pihak yang berada di balik proses rekamannya.

Contohnya pada acara Grammy Awards ke-44, pemenang untuk kategori ini jatuh kepada Alicia Keys lewat lagu Fallin yang ia tulis sendiri.

Jadi bisa dibilang kategori Song Of The Year adalah penghargaan untuk penulis lagu. Ini merupakan satu-satunya kategori yang ditujukan untuk penulis lagu dari 84 kategori yang ada dalam ajang Grammy Award.

Tahun ini kategori Song Of The Year diperebutkan oleh BLACK PARADE dari Beyoncé, The Box dari Roddy Ricch, Cardigan dari Taylor Swift, Circles dari Post Malone, Don't Start Now dari Dua Lipa, Everything I Wanted dari Billie Eilish, dan I Can't Breathe dari H.E.R.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan pemenang dari dua kategori tersebut datang dari lagu dan penyanyi yang sama.

Hal itu pernah terjadi pada penganugerahan Grammy Awards ke-59 ketika Adele membawa pulang dua piala dari dua kategori bergengsi itu.

Untuk kategori Record Of The Year, Adele menerima piala bersama Greg Kurstin dan delapan penata musik yang mengerjakan rekaman tersebut.

Adele juga membawa pulang piala untuk kategori Song Of The Year untuk single Hello. Namun hanya nama Adele dan Greg Kurstin sebagai penulis lagu yang dipanggil ke atas panggung untuk menerima piala.

[Gambas:Youtube]



(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK