Sinopsis Film Dokumenter Diego Maradona

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 18:00 WIB
Kisah kesuksesan legenda sepakbola dunia, Diego Maradona, diangkat ke layar lebar lewat film biopik berjudul Diego Maradona. Sinopsis film dokumenter Diego Maradona. (AP/Massimo Sambucetti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kisah kesuksesan legenda sepakbola dunia, Diego Maradona, diangkat ke layar lebar lewat film biopik berjudul Diego Maradona.

Film keluaran 2019 ini menghadirkan kehidupan Diego Maradona yang luar biasa. Mulai dari kisahnya menjadi sosok penting bagi Argentina menjuarai Piala Dunia pada 1986 hingga dipinang salah satu klub besar di Italia dengan biaya transfer yang memecahkan rekor dunia, serta mengungkap sisi gelapnya terlibat narkoba.

Film ini berangkat dari cerita Fernando Signorini yang berbagi pengalamannya menjadi pelatih Diego Armando Maradona sewaktu membela timnas Argentina.


Baginya Maradona adalah pria dengan dua kepribadian yang berbeda, yakni Diego yang manis, pemalu, bahkan rela melakukan apa saja untuk orang lain, dan Diego yang percaya diri. Dua karakter itulah yang akhirnya mengantar Maradona menjadi pemain paling diincar oleh tim-tim besar Eropa termasuk Napoli di Italia.

Kedatangan Maradona ke Italia pada 1984 dengan biaya pembelian yang fantastis telah mengubah Napoli menjadi tim yang besar. Dia berhasil membawa Napoli menjuarai Liga Italia sebanyak dua kali pada musim 1986-1987 dan 1989-1990.

Karier Maradona tampil di empat Piala Dunia, semakin berkibar setelah ia berhasil membawa Argentina membawa pulang gelar juara pada gelaran piala dunia 1986. Di ajang itu pula Maradona mendapat julukan sebagai Tangan Tuhan menyusul gol kontroversial yang ia lesakkan.

Tidak hanya menyoroti perjalanan karier Maradona selama menjadi pemain sepak bola di beberapa klub besar. Film ini juga mengungkap sisi gelap Maradona sebagai pecandu narkoba.

Melansir laman Channel Guide Mag, sutradara Asif Kapadia mengaku membutuhkan waktu selama 500 jam dalam menggarap film tersebut.

"Dibuat lebih dari 500 jam rekaman yang belum pernah dilihat sebelumnya, dokumenter ini berfokus pada karier pemain sepak bola Diego Maradona, yang bermain untuk SSC Napoli pada 1980-an," demikian sinopsis resmi untuk film itu dikutip dari IMDb.

Selain berisikan video-video yang jarang terlihat dalam perjalanan karier Maradona selama di Napoli di era 1980-an, film ini turut mengangkat kota kelahiran Diego Maradona dimana ia lahir dari keluarga miskin di kota kumuh di luar Buenos Aires, Argentina.

Film ini juga sempat ditayangkan pertama kali dalam Festival Film Cannes pada 14-25 Mei 2019 lalu.

(nly/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK