Vera Menchik, Beth Harmon The Queen's Gambit di Dunia Nyata

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 17:44 WIB
Nama Vera Menchik menjadi sorotan setelah serial The Queen's Gambit tayang di Netflix pada 23 Oktober lalu. Ia disebut-sebut sebagai Beth Harmon di dunia nyata. Ilustrasi The Queen's Gambit. (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Vera Menchik menjadi sorotan setelah serial The Queen's Gambit tayang di Netflix pada 23 Oktober lalu. Ia disebut-sebut sebagai Elizabeth Harmon di dunia nyata.

Dalam serial, sosok Harmon diceritakan belajar catur sejak usia 8 tahun saat tinggal di panti asuhan. Beth kemudian berkembang menjadi pecatur muda andal dan mengalahkan banyak seniornya.

Puncak kesuksesan Beth ketika ia berhasil mengalahkan juara bertahan Vasily Borgov pada kejuaraan dunia di Rusia. Ia menggunakan strategi pembuka The Queen's Gambit.


Kisah Beth mirip dengan kehidupan Menchik, pecatur asal Rusia yang memenangkan Kejuaraan Catur Dunia Perempuan pada 1927.

Sebagaimana dilansir Insider, Menchik lahir di Rusia pada 1906 silam. Ia pertama kali bermain catur pada usia 9 tahun bersama ayahnya, satu tahun lebih tua ketimbang Beth saat pertama kali berlatih.

Ia pindah ke Inggris bersama ibu dan saudara perempuannya pada 1921. Dua tahun kemudian, ia bergabung dalam Hasting Chess Club.

Berdasarkan laporan Chess.com, Menchik sulit menjalani kehidupan setelah orang tuanya bercerai. Kisah ini serupa dengan Beth yang sulit menjalani kehidupan di panti asuhan.

Salah satu alasan Menchik bertahan hidup adalah permainan catur. Tak bisa bahasa Inggris, Menchik dapat bermain catur dengan siapapun karena tak perlu banyak bicara.

Menchik terus berlatih untuk mempertajam kemampuannya memainkan catur dan mengikuti berbagai turnamen pada dekade 1920-an. Kala itu, ia menjadi pecatur perempuan pertama yang bersaing di turnamen pria.

Ia meraih puncak kesuksesan saat mengikuti Kejuaraan Catur Dunia Perempuan pada 1927. Ia memenangkan kejuaraan itu sebanyak tujuh kali.

The Queen's Gambit.The Queens' Gambit. (Arsip Netflix)

Belum berhenti di sana, Menchik kembali menorehkan rekor sebagai pecatur perempuan pertama yang mengikuti turnamen tingkat master pada 1928. Kala itu, ia mengikuti turnamen Scarborough.

Kemudian pada 1929, ia menjadi pecatur perempuan pertama yang berkompetisi dalam turnamen tingkat grandmaster.

Semasa hidupnya, Menchik dikenal sebagai pecatur yang pendiam dan kaku. Ia kerap melipat tangan saat bermain dan gaya tandingnya dideskripsikan sejumlah orang sebagai permainan yang membosankan.

Dalam hal ini, Menchik berbeda dengan Beth. Pasalnya, Beth merupakan pecatur dengan gaya permainan yang agresif dan tegas dengan tujuan kemenangan mutlak.

[Gambas:Youtube]

Pada 1937, Mechik menikah dengan Henry Stevenson yang kemudian sempat membuatnya berhenti bermain catur. Stevenson sakit keras pada 1937-1938 dan meninggal karena serangan jantung pada 1943.

Berdasarkan biografi yang ditulis Robert Tanner, Menchik kembali bermain catur pada dekade 1940-an. Ia menjadi perempuan pertama yang menghadapi grandmaster Jacques Mieses dan berhasil mengalahkannya.

Namun, ia meninggal pada Perang Dunia II, ketika Nazi membom rumahnya pada 1944. Ibu dan adiknya yang berada di rumah itu juga meninggal dunia.

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK