George Martin Beri Kabar Progres Novel Winds of Winter

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 04:35 WIB
George RR Martin telah menulis ratusan halaman dari novel Winds of Winter sehingga semakin dekat dengan penyelesaian. George RR Martin telah menulis ratusan halaman dari novel Winds of Winter sehingga semakin dekat dengan penyelesaian. (Dok. Ellen Levy Finch)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penulis seri novel A Song of Ice and Fire, George RR Martin, telah menulis ratusan halaman dari novel Winds of Winter sehingga semakin dekat dengan penyelesaian.

Kabar itu George sampaikan sendiri lewat tulisan bertajuk Reflections on a Bad Year pada situs pribadinya. Ia menuliskan pandangan mengenai tahun 2020, termasuk penggarapan Winds of Winter.

"Saya telah menulis ratusan halaman Winds of Winter di 2020. Tahun terbaik yang pernah saya alami sejak memulai novel itu. Kenapa? Saya tidak tahu, mungkin karena isolasi. Atau mungkin karena saya mengerjakannya," tulis Martin.


Ia melanjutkan, "Saya harus tetap mengerjakannya. Masih ada ratusan naskah yang harus saya tulis agar novel itu sampai pada kesimpulan yang memuaskan. Untuk itulah 2021, saya harap."

Penulis asal Inggris ini juga menegaskan tidak akan memprediksi kapan Winds of Winter akan selesai. Pasalnya, setiap memberikan prediksi penyelesaian netizen akan menganggapnya sebagai janji.

Hal itu membuatnya geram karena netizen mengejeknya bila novel tidak selesai saat tenggat waktu. Saat ini ia hanya ingin mengatakan bahwa ia sangat berharap bisa menyelesaikan Winds of Winter.

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

The Winds of Winter sendiri merupakan novel keenam dari seri novel A Song of Ice and Fire. Seri tersebut dimulai dengan novel bertajuk A Game of Thrones pada 1991 silam.

Seri novel ini mengisahkan perebutan takhta dalam benua Westeros yang terbagi dalam tujuh wilayah di bawah kepemimpinan satu kerajaan besar. Pada setiap wilayah ditunjuk satu Great House untuk memerintah kerajaan-kerajaan kecil.

Penggarapan The Winds of Winter sudah sangat lama dan beberapa kali ditunda sehingga sangat dinanti oleh penggemar. Terakhir Martin merilis novel kelima bertajuk A Dance With Dragon pada 2011 silam.

Novel tersebut seharusnya sudah rampung pada 2015, tapi sampai saat ini belum juga bertengger di rak toko buku. Martin selalu berkelit ketika ditanya mengenai waktu perilisan

Sementara, serial televisi adaptasi seri novel A Song of Ice and Fire yang bertajuk Game of Thrones sudah tamat lebih dulu pada 2019 lalu. Kemungkinan besar akhir seri novel A Song of Ice and Fire akan berbeda dengans serial televisi.

(adp/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK