Review Drama: Mr. Queen

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 19:40 WIB
Review drama Mr. Queen menilai drama berlatar belakang Kerajaan ini sangat menyenangkan hingga menguras emosi setiap pekan. Review drama Mr. Queen menilai drama berlatar belakang Kerajaan ini sangat menyenangkan hingga menguras emosi setiap pekan. (dok. tvN via Instagram @tvndrama.official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lelah dan menyenangkan mungkin menjadi ungkapan yang tepat untuk mendeskripsikan perasaan usai menyaksikan drama Korea Mr. Queen. Saya tidak pernah menyangka drama berlatar belakang kerajaan akan sangat menyenangkan hingga menguras emosi setiap pekan.

Inti cerita Mr. Queen mengisahkan pertukaran jiwa antara koki Istana Korea Jang Bong-hwan (Choi Jin-hyuk) dengan Kim So-yong (Shin Hye-sun). Sebagai penikmat drama fantasi, premis tersebut tetap menarik perhatian walau sudah banyak drama yang mengangkat ide serupa.

Episode pertama dan kedua Mr. Queen menarik perhatian penuh saya sebagai penonton untuk mau mengikuti drama ini tanpa menunggu tamat terlebih dahulu. Frasa untuk mendeskripsikan episode awal drama ini adalah "sangat lucu".


Awalnya, saya menyangka Mr. Queen hanya akan lucu di episode-episode awal untuk menarik perhatian penonton dan berubah menjadi serius di pertengahan hingga akhir. Namun, prasangka itu patah sendirinya seiring dengan perjalanan mengikuti drama tersebut setiap pekan.

Jenaka bukan hanya datang dari dua pemeran utama, Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun, yang pada dasarnya langganan bermain dalam drama komedi romantis.

Setiap pemeran, termasuk tokoh antagonis, drama ini berhasil memancing gelak tawa dengan cara mereka masing-masing. Salah satunya, Ibu Suri Agung Sunwon (Bae Jong-ok) yang sejatinya tokoh antagonis. Namun, interaksinya dengan Kim So-yong kadang membuat saya lupa dengan hal itu.

Tak hanya itu, unsur-unsur kekinian mulai dari menu makanan, kosakata Kim So-yong, hingga hal seperti jasa antar makanan yang dibawa dan disesuaikan dengan era Joseon menjadi candaan segar di setiap episode.

Apresiasi besar saya sampaikan untuk seluruh tim dan para pemain Mr. Queen. Proses casting yang tepat ditambah dengan kesuksesan para pemain menghidupkan karakternya masing-masing menjadi nilai tambah bagi drama ini.

Terlebih lagi Shin Hye-sun yang berhasil membedakan karakter Kim So-yong dan So-bong, karakter ketika Jang Bong-hwan di dalam tubuh So-yong. Perubahan dari suara dan ekspresi membuat saya tak perlu bingung menentukan itu So-yong atau So-bong.

Akting aktris kelahiran 31 Agustus 1989 ini juga amat memukau ketika So-yong dan Bong-hwan mulai berbagi ingatan dan ia berdebat serius dengan sang ayah, Jeon Bae-su (Kim Moon-geun).

Ekspresi dan matanya menampilkan kekecewaan mendalam kepada sang orang tua karena digunakan untuk meraup kekayaan dan kekuasaan.

Drama Korea Mr. Queendok. Arsip tvN via HancinemaReview drama Mr. Queen menilai drama berlatar belakang Kerajaan ini sangat menyenangkan hingga menguras emosi setiap pekan. (Arsip tvN via Hancinema)

Termasuk, ketika ia bertemu kembali dengan Cheoljong di episode terakhir. Matanya berhasil memberi tahu penonton bahwa ia telah melihat sesuatu yang begitu menyeramkan dan menghantui hidupnya. Sungguh layak rasanya apabila Shin Hye-sun membawa pulang piala penghargaan tahun ini.

Nilai tambah Mr. Queen adalah konsistensi yang ditunjukkan penulis Choi A-il mulai dari drama utama hingga versi spin-off alias lepasan. Hal itu jelas terlihat ketika Cheoljong mengejar So-bong usai menghabiskan malam bersama ke seluruh kawasan Kerajaan.

Ia akhirnya berhasil menemukan So-bong yang sedang bersembunyi di bawah tangga. So-bong pun mengatakan Cheoljong seperti CCTV bahkan sasaeng fan karena mengikutinya terus menerus.

Tak pernah saya bayangkan bahwa situasi berbalik 180 derajat dalam versi lepasan. Di tangga yang sama, So-yong ternyata pernah diam-diam menantikan bahkan mengikuti Cheoljong hanya untuk sekadar melihat wajahnya.

Drama ini juga memiliki begitu banyak scene stealer, mulai dari Kim Hwan (Youngjae BAP), Special Director Hong (Lee Jae-won) dan Hong Yeon (Chae Seo-eun) hingga kisah cinta Kepala Dayang Choi (Cha Chung-hwa) dan Kepala Koki Manbok (Kim In-kwon).

Porsi permasalahan yang ditampilkan pun terasa cukup pas dan bisa membuat penonton bisa tertawa terbahak-bahak, terharu, merasa hangat, hingga emosi ketika menyaksikan satu episode.

Meski sangat menghibur, bukan berarti Mr. Queen lepas dari kontroversi. Tak lama setelah tayang perdana, drama ini diadukan ke lembaga penyiaran Korea karena dinilai membelokkan sejarah Joseon dan Raja Cheoljong.

Kepala Dayang Choi (Cha Chung-hwa) dalam drama Korea Mr. Queen.Kepala Dayang Choi (Cha Chung-hwa) dalam drama Korea Mr. Queen. (Arsip tvN via Hancinema)

Kritik pedas juga diberikan karena Mr. Queen merupakan adaptasi lepas dari web drama asal China, Go Princess Go, karya Xian Chen yang pernah dikabarkan membuat komentar jahat mengenai kebudayaan Korea.

Tapi laporan dan kritik pedas itu tak menenggelamkan Mr. Queen. Cerita yang menarik serta lucu, penggambaran karakter yang baik, dan lagu tema yang bagus membuat drama tersebut terus terbang tinggi hingga mendapatkan rating lebih dari 17 persen di akhir episode.

Hal itu membuat Mr. Queen masuk daftar lima drama rating tertinggi sepanjang sejarah tvN setelah Crash Landing On You, Goblin, Reply 1988, dan Mr. Sunshine.

Sejumlah ekspektasi pun muncul ketika mengikuti drama ini. Sayangnya, ekspektasi itu ternyata tidak muncul hingga akhir episode. Sedikit rasa kecewa muncul akibat ekspektasi itu.

[Gambas:Youtube]



Namun, kekecewaan itu tak sebesar hiburan dan kelucuan yang mereka berikan sejak 12 Desember 2020.

Sehingga, menyaksikan Mr. Queen secara garis besar benar-benar terasa seperti menaiki wahana roller coaster, terkadang melelahkan namun amat menikmati seluruh perjalanannya hingga rasanya ingin mengulanginya lagi.

Mr. Queen juga akan menjadi drama yang akan saya rekomendasikan kepada orang-orang yang membutuhkan tontonan santai dan menghibur. Berkat Mr. Queen saya juga amat menantikan karya terbaru dari penulis Choi A-il di masa mendatang.

Drama Mr. Queen dan spin-off-nya, The Bamboo Forest, bisa disaksikan di Viu.

(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK