Rekomendasi Drama Kerajaan Korea, Mr. Queen-Hwarang

CNN Indonesia | Minggu, 21/02/2021 10:26 WIB
Berikut rekomendasi drama Korea berlatar belakang sejarah Korea berdasarkan urutan waktunya. Mr. Queen dibintangi Shin Hye-sun, Kim Jung-hyun, dan Kim Tae-woo. (Arsip tvN via Hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang sering mengadaptasi kisah sejarahnya ke layar kaca. Hal itu pun disebabkan sambutan hangat yang selalu diberikan penonton baik di Korea maupun banyak negara lainnya terhadap drama sejarah atau sageuk.

Banyak alasan untuk menyukai sageuk, mulai dari kisah cinta para bangsawan, konspirasi kerajaan, keindahan pakaian para pemain, dan kecantikan alam.

Kisah kehidupan raja Dinasti Joseon paling sering diadaptasi ke layar kaca. Salah satu hal yang mendasari itu adalah kelengkapan catatan sejarah riwayat 25 raja Dinasti Joseon dari 1397-1910 yang hingga masuk Memory of the World UNESCO.


Namun, tim produksi drama juga kerap mengadaptasi lepas kisah dari dinasti lainnya.

Berikut rekomendasi drama Korea berlatar belakang sejarah Korea berdasarkan urutan waktunya.

V BTS HwarangV BTS dalam drama Korea, Hwarang. (dok. KBS Media)

Era Tiga Kerajaan Korea

Periode ini mengacu pada 57 Sebelum Masehi hingga 668 Masehi ketika Semenanjung Korea terbagi antara Goguryeo, Baekje, dan Silla.

Jumong (Goguryeo)

Drama ini mengisahkan kehidupan Raja Jumong yang ahli memanah dan diyakini sebagai cucu dewa sungai Habaek. Drama yang dirilis pada 2006 ini mendapat popularitas di Korea dan luar negeri.

Jumong yang awalnya direncanakan memiliki 60 episode jadi diperpanjang hingga 81 episode. Drama Jumong dibintangi Song Il-gook dan Han Hye-jin.

Gye Baek (Baekje)

Drama ini mengisahkan kehidupan Jenderal Gye Baek yang berupaya melindungi kerajaan Baekje dari serangan Silla. Hal itu membuat Gye Baek dipenuhi adegan pertempuran dan laga.

Drama ini disebut-sebut menjadi salah satu sarana yang baik untuk mengetahui era yang jarang ditampilkan kepada publik. Drama Gye Baek dibintangi Lee Seo-jin dan Song Ji-hyo.

Hwarang (Silla)

Periode Silla mengembangkan tradisi sosial dan budaya yang kuat. Sehingga, drama ini menggambarkan kehidupan dan budaya di Silla mulai dari pendidikan ketat anak laki-laki hingga ketidaksetaraan besar dalam masyarakat. Di dunia nyata, Hwarang atau Ksatria Bunga juga dikenal sangat tampan.

Hwarang dibintangi Park Seo-joon, Go Ara, Park Hyung-sik, Minho SHINee, Seo Yea-ji, dan V BTS.

Drama Korea The Great Queen Seondeok.Drama Korea The Great Queen Seondeok. (dok. MBC via Hancinema)

The Great Queen Seondeok (Silla)

Ketidaksetaraan yang disebabkan sistem ranking tulang saat periode Silla digambarkan dalam drama ini. Sistem tersebut menyebabkan hanya orang-orang berlatar belakang bangsawan dan mulia untuk mendapatkan posisi tinggi. Hal itu disalahgunakan keluarga kerajaan untuk mendominasi politik.

The Great Queen Seondok mengisahkan perjuangan seorang perempuan untuk mendapatkan haknya di Istana. Drama ini dibintangi Lee Yo-won dan Uhm Tae-woong.

Era Negara Utara-Selatan

Silla berhasil mengalahkan Baekje dan Goguryeo dengan bantuan China pada akhir abad ke-7. Semenanjung Korea kemudian bersatu atas nama Silla Bersatu.

Kerajaan Balhae yang merupakan penerus Goguryeo muncul di Manchuria. Balhae dan Silla menguasai bagian selatan dan utara Semenanjung Korea.

Dae Jo-young

Drama ini menggambarkan kehidupan pendiri Balhae serta pahlawan lainnya pada masa ini. Dae Jo-young menunjukkan aliansi politik dan pentingnya geografi pada periode tersebut. Drama Dae Jo-young ini memiliki 100 episode dan dibintangi Choi Soo-jong dan Lee Deok-hwa.

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

Rekomendasi drama Korea bertema kerajaan masih lanjut ke halaman 2.

[Gambas:Video CNN]



Rekomendasi Drama Korea Sageuk - 2

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK