Marak Tuduhan Perundungan di Kalangan Seleb dan Idol K-pop

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 11:43 WIB
Beberapa nama bintang K-pop terseret tuduhan perundungan di sekolah hingga Selasa (23/2). Ilustrasi korban bullying. (Istockphoto/Serghei Turcanu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa nama bintang K-pop terseret tuduhan perundungan di sekolah hingga Selasa (23/2). Serangkaian tuduhan perundungan oleh artis muncul setelah Lee Jae-yeong dan Lee Da-yeong, saudara kembar atlet voli pro, diskors tanpa batas waktu akibat pelecehan terhadap rekan satu tim.

Pekan lalu, Lee Jae-yeong dan Lee Da-yeong diskors karena diduga melecehkan anggota tim baik secara fisik, verbal, dan emosional saat sekolah menengah.

Tak lama, setelah itu, beberapa nama idol ikut terseret dalam dugaan kasus perundungan di media sosial. Tuduhan tersebut langsung dibantah oleh agensi artis. Mereka juga menyatakan akan mengambil langkah hukum terkait penyebaran kabar bohong tersebut.


Sejak Senin (22/2), setidaknya sudah 10 idol K-pop dituduh melakukan perundungan ketika masih sekolah. Salah satunya adalah Hyunjin Stray Kids. Akun anonim menulis di komunitas online pernah mengalami pelecehan verbal dan seksual di masa lalu.

JYP Entertainment mengungkapkan mereka langsung mencari tahu kebenaran tudingan tersebut ke pihak sekolah dan rekan-rekan Hyunjin kala itu. Mereka menyatakan tudingan tersebut merupakan kabar bohong dan akan menyelidiki penyebarannya bahkan menempuh jalur hukum.

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

Selain Hyunjin, Kihyun MONSTA X juga dituduh memeras uang teman sekolahnya dan kerap meminta mereka pergi membeli rokok. Tuduhan itu ditindaklanjuti dengan langkah Starship Entertainment menghubungi guru, sekolah, dan teman-teman Kihyun. Mereka menegaskan tuduhan itu tidak benar.

Chuu Loona juga dituduh mengintimidasi teman sekolahnya. Namun, BlockBerry Creative selaku agensi membantah tuduhan tersebut. Mereka juga akan mengambil langkah tegas terhadap penyebaran kabar bohong yang merusak citra dan reputasi artis.

Tak hanya itu, Aisha Everglow dan Sunwoo The Boyz juga dituduh melakukan kekerasan di sekolah. Agensi kedua idol tersebut menyatakan tuduhan tersebut tak berdasar.

Selain idol, beberapa aktor dan aktris juga dituduh melakukan perundungan. Mulai dari Kim Dong-hee, Jo Byeong-gyu, dan Park Hye-soo. Agensi masing-masing artis membantah tuduhan tersebut dan juga bersiap menggugat penyebar rumor palsu itu.

Penyebaran tudingan tersebut berdampak pada proyek sang artis, seperti promosi drama Dear.M terpaksa dibatalkan akibat tudingan perundungan oleh Park Hye-soo. Variety show terbaru Yoo Jae-suk dan Jo Byeong-gyu juga harus ditunda terlebih dahulu.

Seperti dilansir Yonhap, para pakar industri hiburan mengatakan tuduhan kekerasan di sekolah dapat menyebabkan kerusakan besar pada citra populer idola dan artis yang selama ini berusaha menampilkan sisi terbaik mereka.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK