Ashanty Kritis Akibat Covid-19, Anang Ungkap Kondisi Terkini

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 15:05 WIB
Musisi Anang Hermansyah mengonfirmasi kondisi istrinya, Ashanty, yang terpapar Covid-19 tengah kritis. Ashanty kritis akibat Covid-19. (Detikcom/Palevi S)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Anang Hermansyah mengonfirmasi kondisi istrinya, Ashanty, yang terpapar Covid-19 tengah kritis. Ia menjelaskan angka D-dimer Ashanty naik.

"D-dimer naik," kata Anang menjelaskan kondisi Ashanty kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Kamis (25/1).

Anang tidak menjelaskan secara rinci berapa angka D-dimer Ashanty. Namun, berdasarkan situs klikdokter.com batas maksimal kadar D-dimer adalah 500 ng/ml.


"Insyaallah membaik," kata Anang.

Ashanty sendiri disebut-sebut mengalami sesak napas setelah positif Covid-19.

Berdasarkan situs klikdokter.com, D-dimer merupakan fragmen protein yang dapat membantu pembekuan darah. Pembekuan darah dibutuhkan saat seseorang mengalami luka pada bagian tubuh agar darah berhenti.

Kadar D-dimer bisa diketahui melalui pemeriksaan sampel darah untuk menunjukkan masih terdapat pengentalan darah. Semakin tinggi kadar D-dimer akan semakin berpotensi terjadi penyumbatan akibat penggumpalan darah.

Di antaranya adalah penyumbatan pembuluh darah dari jantung ke paru-paru. Kondisi ini pula yang menyebabkan pasien Covid-19 sulit bernapas.

Sebelumnya, Ashanty dan Aurel Hermansyah mengakui bahwa mereka positif virus corona (Covid-19). Kabar itu Ashanty sampaikan melalui unggahan di Insta Story pada Senin (15/2) lalu.

Asisten Ashanty, Vyndika, menuliskan bahwa pelantun lagu Luar Biasa itu rutin menjalani tes swab setiap minggu karena ada sakit bawaan. Dari hasil tes terakhir diketahui Ashanty positif Covid-19.

"Terakhir swab 8 Februari dan negatif. Semalam tiba-tiba meriang, flu, batuk, panas tinggi, sesak napas. Tadi malam juga di PCR dan subuh tadi hasilnya positif Covid," tulis Vyndika.

Dalam unggahan itu, Ashanty juga mengungkapkan bahwa hasil tes kesehatannya membuat seluruh anggota keluarganya juga menjalani tes kesehatan. Hasil tes menunjukkan anggota keluarganya turut terinfeksi virus corona.

Dari tes tersebut diketahui bahwa Aurel, Azriel Hermansyah, dan Arsy Hermansyah juga positif Covid-19. Aurel mengingatkan siapa pun yang pernah berkontak dengan keluarganya untuk segera tes kesehatan.

Ashanty sendiri pernah mengakui didiagnosis memiliki autoimun. Kondisi itu merupakan kelainan yang disebabkan oleh reaksi antibodi terhadap zat yang muncul secara alami dalam tubuh.

"Diagnosa awal kaget banget, aku kena 'auto immune' sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, denger nya aja serem.. googling aja tadi ngeri2 banget.." ungkap Ashanty, seperti dikutip detikcom.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK