CERITA DI BALIK LAYAR

Cerita Raisa-Via Vallen Gabung di Raya and the Last Dragon

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 02:10 WIB
Kurang dari sebulan ke depan Disney akan merilis film animasi bertajuk Raya and the Last Dragon. Raisa Andriana ikut terlibat dalam lagu tema film Raya and the Last Dragon. (dok. YouTube/Raisa6690)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kurang dari sebulan ke depan Disney akan merilis film animasi bertajuk Raya and the Last Dragon. Film ini dibuat berdasarkan mitologi dan budaya dari sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Setidaknya budaya Indonesia terlihat sedikit dalam trailer yang dirilis Januari lalu. Karakter utama bernama Raya terlihat memiliki pedang dengan bilah berkelok-kelok seperti keris, senjata tradisional Jawa.

Bukan hanya budaya, dua artis asal Indonesia pun terlibat dalam film ini. Mereka adalah penyanyi Via Vallen dan Raisa Andriana.


Via Vallen menyanyikan lagu tema versi bahasa Indonesia bertajuk Kita Bisa. Sedangkan Raisa Andriana menyanyikan lagu orisinal dari Disney Southeast Asia yang berjudul Trust Again.

Dalam jumpa media virtual siang (26/2) tadi, Via menjelaskan Kita Bisa diadaptasi dari lagu Lead The Way yang dinyanyikan Jhene Aiko. Hal itulah yang menurut pelantun lagu Sayang ini menjadi tantangan tersendiri.

"Aku tahu versi asli yang dinyanyikan Jhene Aiko. Tantangannya bagaimana caranya dengan musik yang sama tetapi terdengar berbeda, lebih bersemangat, dan bisa diterima masyarakat Indonesia," kata Via.

Terlepas dari hal tersebut, Via tidak merasakan kesulitan yang berarti. Lagu Kita Bisa yang tergolong bergenre RnB juga tidak menyulitkan Via yang memulai karier dan masih konsisten menyanyikan lagu dangdut.

Ia mengaku kerap menyanyikan lagu bergenre lain selain dangdut sehingga tidak merasa kesulitan. Dengan mudah ia bisa beradaptasi dengan berbagai lagu yang bukan bergenre dangdut, termasuk Kita Bisa.

"Kalau ada tawaran di luar dangdut aku enggak pernah menolak. Kalau diminta produktif di luar dangdut aku enggak masalah, tetapi aku juga enggak akan meninggalkan jadi diri aku sebagai penyanyi dangdut," kata Via.

Ia melanjutkan, "Kalau untuk lirik, ada tim khusus yang membuat. Bukan benar-benar diartikan persis dari Lead The Way, tetapi diubah jadi bahasa Indonesia untuk menunjukkan Indonesia dengan makna yang tetap sama dengan versi bahasa Inggris."

Setali tiga uang, Raisa juga merasakan tantangan menyanyikan Trust Again yang berkolaborasi dengan sejumlah rapper dari Asia Tenggara. Menurutnya, rekaman masing-masing di lokasi yang berbeda menjadi tantangan yang cukup unik.

"Produser memantau via zoom, unik aja kita nyanyi dilihat pakai laptop. Gaya bernyanyi aku kan soft, untuk lagu ini aku dituntut untuk bisa lebih lantang, tantangannya melantangkan suara aku," kata Raisa.

Ini merupakan kali kedua Raisa bekerja sama dengan Disney untuk menyanyikan lagu tema suatu film. Pada 2015 lalu ia menyanyikan lagu Mimpi Adalah Harapan Hati, versi bahasa Indonesia salah satu lagu tema Cinderella.

Menurutnya, setiap lagu tema pada suatu film memiliki kesulitan yang berbeda. Kala menyanyikan Mimpi Adalah Harapan Hati, ia kesulitan karena lagu itu sudah pernah dinyanyikan oleh aktris Lily James yang memerankan Cinderella.

"Waktu itu aku harus menyanyi supaya ada rasa Raisa tetapi enggak menghilangkan gaya lagu itu. Kalau sekarang lagu baru yang belum pernah dinyanyikan orang lain sebelumnya," kata Raisa.

Ia melanjutkan, "Aku bisa lebih eksplor dan juga mencoba ide, kalau dinyanyikan seperti ini dan seperti itu bagaimana. Aku merasa lebih terlibat dan merasa 'ini lagu gue', ibaratnya begitu."

Baik Raisa mau pun Via sama-sama mengaku sebagai penggemar film-film Disney sejak kecil. Mereka sangat senang bisa menyanyikan lagu tema film Disney, terlebih film yang dibuat berdasarkan mitologi dan budaya negara Asia Tenggara.

(adp/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK