Jadi Lady Di, Emma Corrin Aktris Serial Terbaik Golden Globe

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 09:53 WIB
Emma Corrin meraih piala Golden Globe pertamanya sebagai Aktris Penampilan Terbaik Serial Televisi - Drama berkat menjadi Putri Diana di The Crown. Emma Corrin meraih piala Golden Globe pertamanya sebagai Aktris Penampilan Terbaik Serial Televisi - Drama berkat menjadi Putri Diana di The Crown. (dok. Netflix via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Emma Corrin memenangkan piala Golden Globe pertamanya dalam kategori Aktris Penampilan Terbaik dalam Serial Televisi - Drama dalam Golden Globe 2021. Piala tersebut diraih setelah memerankan Putri Diana, Princess of Wales, dalam serial The Crown season 4.

"Terima kasih banyak kepada Diana yang mengajarkan saya tentang belas kasih dan simpati," tutur Emma Corrin.

Dalam serial tersebut, ia memerankan karakter Diana yang mengalami gangguan makan, menjalani tradisi keluarga kerajaan Inggris, serta menjadi sorotan media yang ganas.


Emma Corrin bukan satu-satunya pemeran The Crown yang masuk nominasi tersebut. Olivia Colman, pemeran Ratu Elizabeth II, juga masuk kategori aktris Penampilan Terbaik dalam Serial Televisi - Drama.



Beberapa aktris lainnya yang masuk nominasi tersebut adalah Jodie Comer (Killing Eve), Laura Linney (Ozark), dan Sarah Paulson (Ratched).

Kemenangan ini bukan datang tanpa kontroversi. Sebelumnya, beberapa pihak termasuk Menteri Budaya Oliver Dowden menilai Netflix harus memberikan keterangan bahwa The Crown serial fiksi. Hal itu diperlukan demi menghindari kerusakan citra keluarga Kerajaan Inggris.

Dowden mengirim surat secara resmi kepada perusahaan streaming Amerika Serikat itu berisi permintaan penambahan "peringatan kesehatan" di awal setiap episodenya.

Dalam musim teranyar dari serial yang mengikuti kehidupan Ratu Elizabeth II dan keluarga dekatnya tersebut, kisah berputar di sekitar Pangeran Charles dan pernikahannya yang hancur dengan Putri Diana.

Pihak yang dekat dengan keluarga Kerajaan Inggris khawatir adegan dalam serial akan menyakiti monarki, terutama Charles sebagai pewaris takhta. Bahkan, ia mengatakan kepada The Mail bahwa cara penulisan naskah menyeramkan.

Permintaan pemberian keterangan fiksi pada The Crown juga datang dari adik mendiang mantan istri Pangeran Charles itu. Hal itu diperlukan untuk meyakinkan penonton bahwa The Crown adalah fiksi meski terinspirasi dari kisah nyata.

Pemeran Putri Margaret dalam serial The Crown, Helena Bonham Carter, memastikan bahwa serial yang ia bintangi merupakan hasil dramatisasi. Ia merasa bertanggung jawab untuk mengatakan hal tersebut.

[Gambas:Youtube]



Senada, Emma Corrin mendukung keputusan layanan streaming Netflix untuk tidak memberikan label fiksi pada serial yang ia bintangi tersebut. Menurutnya, The Crown terlihat jelas merupakan dramatisasi.

"Sangat jelas ini versi dramatisasi dari suatu peristiwa. Ini fiksi yang dibuat sama dengan (serial) Succession di mana orang tidak salah mengira apa yang sebenarnya terjadi pada Murdoch," kata Corrin.

Sementara itu, pemeran Pangeran Charles dalam The Crown, Josh O'Connor juga meraih piala Golden Globe 2021 dalam kategori Aktor Terbaik dalam Serial Televisi - Drama.

Dalam pidato kemenangan, O'Connor juga mengucapkan terima kasih kepada Corrin dan menilai aktris tersebut amat berbakat dan menyenangkan selama mereka menjalani peran di serial Netflix tersebut.



(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK