BTS Jadi Global Recording Artist 2020

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 11:15 WIB
BTS dinobatkan sebagai Global Recording Artist 2020 oleh organisasi yang mewakili industri rekaman dunia. BTS dinobatkan sebagai Global Recording Artist 2020 oleh organisasi yang mewakili industri rekaman dunia. (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia --

BTS dinobatkan sebagai Global Recording Artist 2020 oleh organisasi yang mewakili industri rekaman dunia. Penobatan itu dilakukan setelah BTS mengalami tahun yang fenomenal dengan merilis single Dynamite dan Life Goes On pada 2020.

Penobatan itu membuat BTS menjadi artis Korea pertama yang menempati posisi tersebut, sekaligus pemenang pertama yang tampil selain dalam bahasa Inggris.

Penghargaan tersebut diberikan International Federation of The Phonographic Industry (IFPI) dengan mempertimbangkan performa artis atau grup di seluruh dunia dalam format musik digital dan fisik, streaming hingga vinil sepanjang tahun.


"BTS merupakan fenomena global. Mereka memiliki tahun yang luar biasa, merilis tiga album dan terus menemukan cara kreatif untuk membagikan kisah mereka kepada dunia," kata Chief Executive IFPI Frances Moore.

"Mereka benar-benar menunjukkan kekuatan yang dimiliki musik untuk membagikan kegembiraan dan kebahagiaan kepada dunia." lanjutnya.



"Kami ingin mengucapkan selamat kepada RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V, dan Jungkook. Kami sangat senang untuk melihat yang mereka miliki mendatang," ucapnya seperti tertulis dalam laman resmi IFPI.

Single Dynamite membuat BTS menjadi musisi Korea pertama yang menguasai tangga lagu Hot 100 Billboard. Tak hanya itu, mereka juga bertahan di sana dua pekan berturut-turut. Lagu tersebut juga beredar luas di radio-radio AS.

Berkat single tersebut, BTS menjadi boyband pertama asal Korea Selatan yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards 2021 melalui kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Pada 2020, BTS merilis beberapa album seperti Map of the Soul: 7 yang menjadi album terlaris sepanjang tahun berdasarkan Gaon Chart dengan penjualan lebih dari 4.349.651.

Di tahun yang sama, BTS juga merilis BE (Deluxe Edition) yang telah terjual lebih dari 2.655.843.

Selain BTS, beberapa musisi lainnya yang masuk daftar IFPI Global Artist Chart 2020 adalah Taylor Swift, Drake, The Weeknd, Billie Eilish, Eminem, Post Malone, Juice Wrld, dan Justin Bieber.

[Gambas:Youtube]



(chri/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK