Rekomendasi Playlist Lagu Religi, dari Bimbo hingga Sabyan

adp, CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 17:51 WIB
Cukup banyak lagu religi Islam diproduksi di Indonesia, sebagian cocok didengarkan di momen libur Lebaran. Grup musik Bimbo (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mendengarkan lagu-lagu religi bisa menjadi pilihan hiburan untuk merayakan Lebaran tahun ini. Apalagi, ketika berkegiatan di rumah saja karena pandemi masih melanda Indonesia dan pemerintah melarang mudik.

Lagu religi bertajuk Anak Bertanya Pada Bapaknya dari band lawas Bimbo bisa menjadi opsi. Begitu pula dengan selawat yang dinyanyikan sebagai lagu oleh band gambus pop masa kini Sabyan.

Berikut rekomendasi playlist Lebaran:


GIGI - Pintu Sorga

GIGI bisa dibilang sebagai band yang kerap membuat album dan lagu religi. Dari sekian banyak lagu religi, Pintu Sorga menjadi salah satu yang paling ikonis nan legendaris.

Lagu yang bertajuk sama dengan album ini dirilis pada 2006 silam. Lewat album tersebut GIGI membuktikan bahwa lagu religi tidak selalu harus dinyanyikan dengan beat pelan.

[Gambas:Youtube]

Bimbo - Anak Bertanya Pada Bapaknya

Anak Bertanya Pada Bapaknya merupakan salah satu lagu religi legendaris Indonesia. Lagu ini menjelaskan secara langsung apa sebenarnya guna berpuasa.

Sejak pertama kali dirilis sampai sekarang, lagu ini beberapa kali dinyanyikan ulan oleh sejumlah musisi. Gigi menjadi salah satu band yang menyanyikan lagu ini lewat album religi bertajuk Pintu Sorga.

[Gambas:Youtube]

Chrisye - Ketika Tangan dan Kaki Berkata

Lagu ini bisa dibilang sebagai salah satu lagu religi paling populer di Indonesia. Ketika membicarakan lagu religi, rasanya Ketika Tangan dan Kaki Berkata yang terpikirkan pertama kali.

Lirik yang mendalam kerap membuat pendengar membayangkan seperti apa kehidupan di alam baka. Dibalut dengan suara Chrisye yang sangat berkarakter dan lembut, lagu ini terasa sangat magis.

[Gambas:Youtube]

Bangkutaman - Manusia dalam Tanda Tanya

Band asal Yogyakarta ini bisa dibilang tidak sengaja membuat lagu religi yang membicarakan ketuhanan. Semua berawal ketika mereka merekam suara alat musik petik bernama Saz asal Timur Tengah.

Penggunaan instrumen perkusi dari awal sampai akhir lagu membuat suasana Timur Tengah amat terasa. Selain berlandaskan religi, Bangkutaman menilai perilisan single ini lebih didorong karena tragedi bom Surabaya dan aksi teror pada 2018 lalu.

[Gambas:Youtube]

Nasida Ria - Tahun 2000

Semua lagu yang diciptakan Nasida Ria sebenarnya bisa dikategorikan sebagai lagu religi. Dalam lagu-lagu mereka selalu berisikan dakwah, nasihat, dan kritik.

Namun, Tahun 2000 menjadi salah satu lagu yang tidak lekang oleh waktu. Setiap manusia harus memiliki iman yang kuat demi menghadapi perkembangan dunia yang bisa berdampak negatif.

[Gambas:Youtube]

Opick - Tombo Ati

Dirilis pada 2005 lewat album bertajuk Istighfar, Tombo Ati menjadi salah satu lagu religi paling populer di Indonnesia. Lagu ini dinyanyikan oleh Opick dalam dua bahasa, yaitu Jawa dan Indonesia.

Tombo Ati bukanlah lagu orisinal ciptaan Opick, melainkan ditulis oleh Sunan Bonang sebagai pengingat bagi pemuluk agama Islam untuk menjalankan ibadah yang diibaratkan sebagai obat hati atau tombo ati.

[Gambas:Youtube]

Sabyan - Ya Habibal Qalbi

Ya Habibal Qalbi bisa dibilang lagu yang memperkenalkan Sabyan ke masyarakat luas sejak dirilis pada kanal YouTube Sabyan pada Desember 2017. Sampai saat ini video lagu tersebut ditonton lebih dari 349 juta kali.

Sejatinya, Ya Habibal Qalbi merupakan selawat. Band asal Jakarta ini memutuskan untuk membawakan selawat menjadi sebuah lagu setelah diminta oleh sejumlah penggemar.

[Gambas:Youtube]



(adp/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK