Sebab Protes Tom Cruise dan NBC Setop Siarkan Golden Globes

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 16:30 WIB
Aktor Tom Cruise mengembalikan tiga piala Golden Globes yang pernah ia raih, NBC setop siaran penghargaan tersebut. Tom Cruise kembalikan tiga piala Golden Globes. (AP/Andrew Medichini)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Tom Cruise mengembalikan tiga piala Golden Globes yang pernah ia raih di masa lalu sebagai bentuk protes terhadap Hollywood Foreign Press Association (HFPA) selaku penyelenggara.

Sebagaimana dilansir Guardian, Cruise mengajukan protes terkait dugaan korupsi dan kurang keberagaman anggota dalam tubuh HFPA. Ia merupakan salah satu aktor yang vokal memprotes masalah tersebut.

Masalah itu menjadi perbincangan hangat setelah diberitakan oleh Los Angeles Times beberapa waktu lalu. Kejadian ini membuat HFPA memutuskan untuk membatalkan penyelanggaraan Golden Globes 2022.


Melalui keterangan resmi, HFPA siap berkomitmen untuk melakukan reformasi besar-besaran. Oleh karena itu mereka mengaku membutuhkan waktu sehingga mengorbankan Golden Globes 2022.

"Karena itu, NBC tidak akan menayangkan Golden Globes 2022. Dengan asumsi organisasi melaksanakan rencananya, kami berharap dapat menyiarkan pertunjukan pada Januari 2023," pernyataan HFPA.

Cruise sendiri memenangkan kategori aktor terbaik Golden Globes 1990 lewat film Born on the Fourth of July (1989). Ia kemudian kembali memenangkan kategori aktor terbaik lewat Jerry Maguire (1996) dan aktor pendukung terbaik lewat Magnolia (1999).

Selain Cruise, aktris Scarllet Johansson mendorong industri perfilman untuk mengambil tindakan tegas terkait masalah yang menyelimuti HFPA. Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk meninggalkan organisasi itu.

Perusahaan media WarnerMedia dan layanan streaming Netflix juga memberikan keterangan serupa. Begitu pula dengan 100 firma humas yang mewakili industri film meminta keterangan rinci dari HFPA.

(adp/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK