Gal Gadot dan Gigi Hadid Respons Konflik Israel-Palestina

CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 08:04 WIB
Selebritas dunia ikut menyoroti konflik Israel dan Palestina yang telah menewaskan 67 orang di Jalur Gaza dan 7 orang di Israel. Selebritas dunia ikut menyoroti konflik Israel dan Palestina yang telah menewaskan 67 orang di Jalur Gaza dan 7 orang di Israel. (Reuters/NBC HANDOUT).
Jakarta, CNN Indonesia --

Selebritas dunia turut menyoroti konflik antara Israel dan Palestina yang hingga Kamis (13/5) pagi, menewaskan 67 orang di Jalur Gaza dan tujuh orang di Israel. Sebagian besar dari mereka menunjukkan dukungan kepada Palestina.

Hadid bersaudara, Gigi dan Bella, menggunakan media sosialnya untuk menyuarakan dukungan terhadap Palestina.

"Jika kamu tidak merasa ini salah, tak peduli siapa dirimu dan dari mana asalmu, ada yang salah dengan caramu melihat kemanusiaan dan Palestina. Ini untukmu bukan mereka," tulis Bella Hadid.


"Banyak hal yang ingin saya katakan. Tapi untuk saat ini tolong baca dan edukasi dirimu. Ini bukan tentang agama. Ini bukan tentang kebencian satu dengan yang lain."

"Ini tentang penjajahan Israel, pembersihan etnis, pendudukan militer, dan apartheid atas Palestina yang berlangsung bertahun-tahun," tulisnya.

[Gambas:Instagram]

Gigi Hadid juga mengunggah hal serupa, termasuk paspor sang ayah, Mohamed Hadid, yang menunjukkan Palestina sebagai negara asalnya. Foto itu diunggah Gigi sebagai respons kritikan tidak ada warga lokal Palestina.

Selain Hadid bersaudara, Zayn Malik juga menyuarakan dukungan atas kemerdekaan Palestina.

"Saya bersama warga Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajah, serta perlindungan hak asasi manusia mereka. Hati saya sakit melihat keluarga yang kehilangan orang dicintai," kata Zayn.

"Kita tidak bisa diam saja menjadi saksi bisu untuk anak-anak yang menjadi yatim piatu, terbunuh, dan tidak menuntut hak asasi manusia bagi semua warga Palestina."

"Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina," tulisnya.

[Gambas:Instagram]

Gal Gadot Banjir Kritik

Gal Gadot turut bersuara mengenai perselisihan terberat Israel dan Palestina dalam tujuh tahun terakhir. Artis yang lahir di Israel itu mengutarakan kekhawatirannya terhadap keluarga, warga, serta negaranya tersebut.

"Hati saya hancur. Negara saya sedang berperang. Saya khawatir dengan keluarga dan teman-teman saya. Saya mengkhawatirkan rakyatnya," tulis Gal Gadot.

"Ini lingkaran setan yang berlangsung terlalu lama. Israel berhak hidup sebagai bangsa yang bebas dan aman. Tetangga kita juga berhak mendapatkan hal yang sama."

"Saya berdoa untuk para korban dan keluarga mereka. Saya berdoa agar permusuhan ini berakhir. Saya berdoa bagi para pemimpin untuk menemukan solusi agar kita bisa hidup berdampingan dengan damai. Saya berdoa untuk hari-hari yang lebih baik," tulis Gal Gadot.

Pernyataan Gal Gadot tersebut langsung menjadi perdebatan di Twitter. Seperti dilansir Variety, banyak warganet yang mempermasalahkan bintang Wonder Woman tersebut menggunakan kata "tetangga" daripada langsung menyebutkan Palestina.

Warganet juga mempermasalahkan dukungan Gal Gadot kepada Israel. Pengguna Twitter kemudian mengkritik perannya sebagai Wonder Woman usai pernyataan tersebut.

Sejarah Gal Gadot dengan Pasukan Pertahanan Israel telah menimbulkan kontroversi di masa lalu.

Artis yang pernah menjalani tentara dua tahun di Angkatan Pertahanan Israel ini merupakan artis Hollywood kelas A yang menjadi bintang utama dalam Wonder Woman dan Justice League.

Namun, hal tersebut pernah membuat Kementerian Ekonomi Lebanon melarang perilisan Wonder Woman pada 2017 karena keterlibatan Gal Gadot dengan perang bersama Israel.

(chri/bir)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK