Wawancara Simu Liu pada 2017 Picu Reaksi Netizen China

CNN Indonesia
Sabtu, 11 Sep 2021 10:58 WIB
Simu Liu memicu banyak reaksi netizen China setelah video wawancara pada 2017 viral di internet. Ia dinilai melontarkan pernyataan kontroversial soal China Simu Liu memicu amarah banyak netizen China setelah video wawancara pada 2017 viral di internet. Ia dinilai melontarkan pernyataan kontroversial soal China. (Foto: (ALERIE MACON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Simu Liu memicu reaksi banyak netizen China setelah video wawancaranya pada 2017 viral di internet. Dalam wawancara tersebut, bintang utama film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings tersebut membahas sejumlah topik yang jadi kontroversial di China.

Pada 2017, Simu Liu hadir dalam program "What's Your Story?" di televisi CBC. Dalam kesempatan itu, seperti dilansir CBR pada Jumat (10/9) waktu Indonesia, ia bercerita tentang kisah keluarganya bertumbuh di negara komunis, China.

Dalam wawancara itu, ia juga menggambarkan China sebagai "Dunia Ketiga", serta banyak warga yang kelaparan dan hidup sengsara.


Kondisi itu yang menjadi alasan kedua orang tuanya beremigrasi dari China ke Kanada demi menjalani "kehidupan yang bebas".

Potongan wawancara empat tahun lalu itu diunggah di Weibo tepatnya di kanal Diba, online forum bagi para nasionalis China. Weibo sendiri merupakan platform internet terbesar di China.

Unggahan tersebut kemudian memunculkan lebih dari 1.600 respons. Beberapa di antaranya mengkritik keputusan Simu Liu menjadi aktor untuk mewakili orang China di industri perfilman. Mereka juga mengkritik keputusan keluarga Simu Liu untuk pindah dari China.

Sebagian juga menolak Simu Liu sebagai bagian dari China karena memiliki paspor Kanada.

Atas kejadian ini, stasiun TV CBC telah menghapus wawancara Simu Liu 2017 dari laman situsnya. Namun, tangkapan layar dari klip itu masih beredar di media sosial hingga kini. 

Simu Liu merupakan aktor kelahiran Harbin, China yang pindah ke Kanada saat berusia lima tahun. Selama berada di China, ia dibesarkan kakek-neneknya sampai berusia empat tahun.

Video lama Simu Liu memperpanjang daftar kontroversi film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings di China. Film yang mengantongi US$71,4 juta dari box office Amerika Utara dalam pekan debutnya ini tak tayang di China.

Film yang sejatinya dibintangi sederet artis terkenal di China seperti Tony Leung dan Michelle Yeoh ini belum mendapatkan persetujuan tayang dari lembaga sensor China.

(nly/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER