Tukul Arwana Rutin Terapi Bicara dan Gerakan Usai Operasi

CNN Indonesia
Sabtu, 02 Oct 2021 12:45 WIB
Tukul Arwana menjalani fisioterapi bicara dan gerakan usai menjalani operasi akibat pendarahan otak beberapa waktu lalu. Tukul Arwana menjalani fisioterapi bicara dan gerakan usai menjalani operasi akibat pendarahan otak beberapa waktu lalu. (Foto: Detikcom/Ismail)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komedian Tukul Arwana mulai menjalani fisioterapi usai operasi beberapa waktu lalu. Rizky Kimon selaku manajer Tukul Arwana mengatakan fisioterapi tersebut dilakukan rutin supaya sang pelawak bisa segera pulih.

"Alhamdulillah untuk proses fisioterapi saat ini sudah mulai berjalan. Jadi bisa terapi gerakan, bicara dan lain-lain," kata Rizky Kimon dalam video yang diunggah detikcom pada Sabtu (2/10).

Oleh sebab itu, ia mengatakan Tukul Arwana ditangani dua dokter sekaligus untuk proses fisioterapi tersebut, yakni untuk bicara, serta gerakan.


Selain itu, Tukul yang saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) juga disebut mengalami penurunan berat badan. Kimon mengatakan hal tersebut disebabkan kondisi Tukul yang sempat menurun.

"Jadi memang ada perubahan ya lebih kurusan sedikit," ucap Kimon.

Namun, dia mengatakan kondisi Tukul Arwana perlahan membaik. Artisnya itu juga pelan-pelan mulai mengonsumsi makanan dengan bantuan perawat.

Sebelumnya, Tukul menjalani operasi dua jam akibat pendarahan otak. Egha Prayudi selaku anak mengatakan ayahnya mulai membaik walau belum bisa pulang demi pemulihan pasca operasi.

Tukul juga disebut sudah mulai bisa merespons komunikasi seperti menggerakkan tangan atau mata pasca operasi. Namun, Tukul masih membutuhkan istirahat yang intensif.



Pihak keluarga sebelumnya membantah rumor yang menyebut sakit yang diderita Tukul berkaitan dengan vaksinasi Covid-19 yang ia lakukan beberapa hari sebelum masuk ke rumah sakit.

"Tidak ada hubungannya lah, vaksinasi (Covid-19) dengan penyakit ayah," ujar Egha, Minggu (26/9).

Pihak keluarga Tukul hingga saat ini belum bisa menjabarkan secara jelas menjelaskan penyakit yang dialami Tukul.

(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER