Squid Game Buat Netflix Untung 41 Kali Lipat, Setara Rp12,5 T

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 14:00 WIB
Kesuksesan Squid Game membuat serial ini memiliki nilai dampak 41 kali lipat dari bujet yang sudah diinvestasikan. Kesuksesan Squid Game membuat serial ini memiliki nilai dampak 41 kali lipat dari bujet yang sudah diinvestasikan. (Arsip Netflix via Twitter @netflixkr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesuksesan Squid Game yang dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park hae-soo dan Gong Yoo dilaporkan menghasilkan US$891,1 juta atau setara Rp12,5 triliun dalam bentuk nilai dampak untuk Netflix.

Diberitakan Yonhap pada Minggu (17/10), sebuah laporan internal Netflix yang diterima Bloomberg menyebut bahwa angka itu 41 kali lipat dari biaya produksi serial ini yang mencapai US$21,4 juta, atau sekitar US$2,4 juta per episode.

Nilai dampak merupakan sebuah indikator yang digunakan Netflix secara internal untuk mengevaluasi masing-masing konten mereka.


Yonhap menyebut, meski Netflix telah menggunakan metrik peringkat untuk sejumlah konten, mereka tidak pernah mengungkapkan indikator spesifik kepada media, investor, atau produser program.

Dokumen tersebut juga menjabarkan sejumlah faktor yang membuat nilai dampak Squid Game bisa melambung tinggi.

Di antaranya adalah ongkos produksi yang terhitung lebih rendah dibanding serial Netflix lainnya. Disebutkan, Stranger Things menelan US$8 juta per episode, dan The Crown sebesar US$10 juta per episode.

Kemudian, Squid Game begitu efektif dalam menjaring penonton. Serial ini mencapai 132 juta penonton hanya dalam 23 hari semenjak dirilis pertama kali di layanan streaming itu.

Dalam laporan sebelumnya, Netflix menyebut Squid Game berhasil mengumpulkan 111 juta penonton dalam 17 hari.

Dokumen internal terbaru juga menyebut bahwa sebanyak 89 persen penonton yang menyaksikan Squid Game, menonton setidaknya satu episode hingga rampung.

Penghitungan tersebut mencatat bahwa sebanyak 87 juta penonton, atau 66 persen dari keseluruhan penonton Squid Game teranyar, menyelesaikan serial tersebut hingga episode terakhir. Angka ini dicapai hanya dalam 23 hari setelah Squid Game rilis.

Squid Game bercerita tentang sosok Gi-hoon (Lee Jung-jae) yang begitu menyedihkan. Ia masih tinggal bersama ibunya, seorang pedagang di pasar. Ki-hoon kehilangan pekerjaan sehingga sering meminta uang dari ibunya.

Tak hanya itu, ia juga telah bercerai dari istrinya, dan putri satu-satunya tinggal bersama istri dan suami barunya. Selain itu, Gi-hoon terjerat utang begitu besar.

[Gambas:Youtube]



Alih-alih mencari pekerjaan baru, Gi-hoon mencoba peruntungan lewat judi. Namun, semua berjalan tidak sesuai dengan keinginannya.

Di saat Gi-hoon berada dalam titik terendah, ia mendengar kabar tentang permainan yang memberikan 45,6 miliar won untuk pemenang. Hal itu membuatnya tertarik untuk bergabung.

Di lokasi permainan, ia menyadari tidak sendirian. 455 orang lainnya berada di sana. Laki-laki dan perempuan, tua serta muda, semua sama-sama menjadi peserta tanpa terkecuali. Satu-satunya kesamaan di antara para peserta adalah mereka membutuhkan uang.

Serial Squid game sendiri disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk yang juga dikenal lewat beberapa film ternama seperti My Father (2007), The Crucible (Silenced) (2011) dan Miss Granny (2014).

Serial Squid Game terdiri dari 9 episode dan telah tayang di Netflix.





(nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER