10 Film Korea yang Wajib Ditonton Sepanjang Masa

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 19:15 WIB
Beberapa film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa berikut mendapatkan banyak respons positif saat diputar di tengah masyarakat. 'Parasite' jadi salah satu film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa. (Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea tak cuma memproduksi drama, tapi juga film layar lebar. Film-film Korea bahkan tak kalah menarik daripada film yang diproduksi di Hollywood.

Ada beberapa film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa. Film-film ini mendapatkan respons positif saat diputar di tengah masyarakat.

Sejumlah film dikemas dengan plot cerita menarik dan karakter yang kuat. Skenografi yang dihadirkan pun tentu tak main-main.


Tak hanya itu, beberapa film bahkan mendapatkan penghargaan bergengsi internasional. Misalnya saja, Parasite (2019) yang memboyong empat Piala Oscar dalam ajang Academy Awards 2020.

Berikut rekomendasi film Korea terbaik sepanjang masa yang bisa Anda tonton.

1. Parasite (2019)

Film 'Parasite'. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)Cuplikan Parasite, salah satu film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)

Saat dirilis pertama kali, Parasite mendapatkan tepuk tangan meriah dari khalayak yang menontonnya. Film ini menjadi salah satu masterpiece sutradara asal Korea Selatan, Bong Joon Ho.

Film satir satu ini mengangkat premis sederhana tentang keluarga miskin dan keluarga kaya, yang kemudian membangun hubungan simbiosis mutualisme.

Cerita dimulai dari Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) yang menjadi guru bahasa Inggris untuk seorang anak keluarga kaya raya, Park Da Hye (Jung Ji So).

Demi menolong keluarganya yang menganggur, Ki Woo menggunakan cara-cara licik agar semua anggota keluarga masuk ke rumah keluarga Da Hye.

Dikemas dengan apik, film ini berhasil memboyong empat Piala Oscar dalam ajang Academy Awards 2020. Film ini bahkan menjadi film Asia pertama yang memenangkan kategori Best Picture dalam ajang tersebut.

2. Kim Ji-young: Born 1982 (2019)

Kim Ji-young, Born 1982Cuplikan Kim Ji-young: Born 1982, salah satu film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa. (Dok. Lotte Entertainment via KoBiz)

Mengangkat isu perempuan yang masih tabu di Korea Selatan, Kim Ji-young: Born 1982 menghadirkan kontroversi saat dirilis. Kim Ji-Young menjadi salah satu film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa.

Film garapan sutradara Kim Do-young ini diadaptasi dari novel berjudul sama. Berkisah tentang seorang perempuan bernama Kim Ji-young, yang 'terjebak' dalam kehidupannya sebagai ibu rumah tangga.

Ji Young besar di keluarga yang kental dengan budaya patriarki. Ji Young juga harus mengorbankan pekerjaannya demi menikah dan mengurusi seorang anak perempuan.

Perlahan Ji Young mulai memperlihatkan sikap yang aneh, seolah kehilangan jati diri. Sang suami, Jung Dae Hyun (Gong Yoo) pun menghubungi psikiater, berkonsultasi mengenai kondisi istrinya.

3. On Your Wedding Day (2018)

On Your Wedding Daydok. Filmmaker R & KCuplikan On Your Wedding Day, salah satu film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa. (dok. Filmmaker R & K)

Cerita yang sederhana membuat On Your Wedding Day tampak menarik untuk ditonton. Disutradarai oleh Lee Seuk Geun, film ini berkisah tentang manis pahit percintaan di masa SMA.

Adalah Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang jatuh cinta pada pandangan pertama saat bertemu Seung Hee (Park Bo Young).

Sayang, Seung Hee tak tertarik berpacaran. Namun, demi menghindari anak laki-laki lain, Seung Hee dan Woo Yeon sepakat berpura-pura pacaran. Seiring berjalannya waktu, hubungan palsu itu tumbuh menjadi cinta yang sebenarnya.

Setelah lulus dari sekolah, keduanya berpisah. Namun, di kehidupan kampus, mereka kembali bersama.

Simak daftar film Korea yang wajib ditonton sepanjang masa lainnya di halaman berikutnya...

Film Korea yang Wajib Ditonton Sepanjang Masa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER