5 Hantu yang Jadi Bagian dari Cerita Rakyat Indonesia

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 16:50 WIB
Berikut beberapa cerita hantu di Indonesia yang diyakini berasal dari cerita rakyat. ilustrasi. Cerita hantu merupakan salah satu produk cerita rakyat atau folklor. (iStockphoto/EricVega)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cerita hantu merupakan salah satu produk cerita rakyat atau folklor. Cerita-cerita ini biasanya diwariskan secara turun temurun.

Seperti cerita hantu Mariah atau Ariah si Manis Ancol yang menjadi penunggu kawasan Ancol sejak dahulu kala. Hingga cerita hantu kuntilanak, hantu dari Pontianak yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Berikut beberapa cerita hantu di Indonesia yang diyakini berasal dari cerita rakyat.


1. Kuntilanak

Salah satu jenis hantu yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia ini memiliki kisah tersendiri dengan Kota Pontianak.

Konon, pendirian ibu kota Kalimantan Barat tersebut tak lepas dari hantu yang kerap digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang nan mengerikan ini.

Menurut buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doloe yang ditulis Zaenuddin HM, hantu kuntilanak disebut selalu mengganggu Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Ia adalah sultan pertama Kerajaan Pontianak.

Alkisah, Sultan Syarif saat menyusuri Sungai Kapuas kerap diganggu kuntilanak. Ia pun melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu itu sekaligus tempat jatuhnya meriam menandakan lokasi kesultanannya didirikan.

Sejumlah tembakan dilepaskan dan akhirnya berhasil mengusir kuntilanak dari hutan yang kemudian menjadi lokasi-lokasi penting Kota Pontianak tersebut.

Versi lainnya dari cerita hantu ini adalah bahwa di daerah yang kini menjadi Pontianak, dulu banyak dihuni oleh hantu kuntilanak.

Warga lokal sering menyebutnya dengan nama hantu puntianak. Nama puntianak merupakan singkatan dari perempuan mati beranak.

Sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik berambut panjang. Kuntilanak senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Konon, ia juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.

Cerita tentang hantu kuntilanak juga ada dalam masyarakat Jawa. Dikatakan bahwa sosok hantu ini suka menampakkan diri dan mengganggu. Tak hanya itu, kuntilanak juga bisa menyerupai orang dikenal, seperti pacar dan orang-orang terdekat.

Kuntilanak konon menyukai pohon tertentu sebagai tempat bersemayam misalnya pohon waru yang tumbuh condong ke samping.

2. Si Manis Jembatan Ancol

Cerita hantu Si Manis Jembatan Ancol merupakan salah satu cerita rakyat yang terkenal di Jakarta.

Konon, hantu penunggu jembatan Ancol ini bernama Ariah. Ia juga dikenal dengan nama Mariam, Mariah, ataupun Mariam oleh warga Ibu Kota. Ariah adalah seorang warga pribumi yang kerap mencari kayu di kawasan Ancol.

Pada masa sekitar 1860, kawasan Ancol di pesisir Jakarta Utara itu masih banyak terdapat rawa, hutan dan semak belukar. Di tempat ini juga berdiri bangunan vila-vila tempat berwisata orang Belanda.

lanjut ke sebelah...

Cerita Hantu yang Jadi Bagian dari Cerita Rakyat Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER