Astradara Rust Akui Lalai Periksa Pistol Alec Baldwin

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 11:45 WIB
Astradara Rust David Halls akui tak periksa menyeluruh senjata yang hendak digunakan Alec Baldwin saat syuting hingga mengakibatkan Halyna Hutchins meninggal. Astradara Rust David Halls akui tak periksa menyeluruh senjata yang hendak digunakan Alec Baldwin saat syuting hingga mengakibatkan Halyna Hutchins meninggal. (Foto: AP/Jim Weber)
Jakarta, CNN Indonesia --

David Halls, asisten sutradara (astrada) film Rust yang menyerahkan senjata kepada Alec Baldwin mengaku tidak memeriksa semua peluru dalam senjata tersebut. Akibatnya, peluru dalam pistol tersebut menewaskan Halyna Hutchins dan melukai Joel Souza yang berada di lokasi kejadian.

Keterangan tersebut diperoleh dalam proses penyelidikan yang dilakukan Detektif Alexandria Hancock kepada David Halls dan juru bedil film Hannah Gutierrez pada Rabu (27/10).

"David menyarankan Hannah untuk menunjukkan senjata api sebelum lanjut latihan," tulis Detektif Alexandria Hancock dalam surat pernyataan penggeledahan dilansir dari CNN.


"Dia [David Halls] hanya bisa mengingat bahwa melihat tiga peluru. Dia disarankan memeriksa semua peluru tetapi itu tidak dilakukan, dan [David Halls] tidak dapat mengingat apakah dia [Hannah] memutar silinder pistol itu," lanjutnya.

Dalam pernyataan sebelumnya, David Halls mengatakan menyerahkan cold gun kepada Alec Baldwin. Cold gun adalah senjata api yang tidak memiliki peluru kosong ataupun peluru aktif berisi bubuk mesiu yang bisa meledak ketika digunakan.

Sementara itu, Hannah Gutierrez mengatakan kepada penyelidik bahwa dia menyerahkan pistol itu kepada Baldwin beberapa kali selama syuting. Ia juga menyerahkan pistol itu ke David Halls.

Selain Hannah Gutierrez, penyidik juga mewawancarai beberapa anggota kru film Rust termasuk Reid Russell. Ia merupakan seorang juru kamera yang berdiri di sebelah Halyna Hutchins dan Joel Souza saat kejadian.

Ia mengatakan kepada penyidik semua orang tampak akur, walau ada beberapa anggota kru yang sempat melakukan protes. Dia mengatakan sempat keluar dari lokasi syuting sekitar lima menit dan tidak yakin apakah senjata itu diperiksa selama tak ada di lokasi.

Penyidik juga mewawancarai Joel Souza yang menderita luka tembak di bahunya akibat insiden itu.

"Sejauh yang dia (Joel Souza) tahu, tidak ada orang yang diperiksa tentang amunisi aktif sebelum dan sesudah adegan difilmkan," keterangan dalam surat keterangan resmi itu.

Polisi juga menggeledah sebuah van di lokasi syuting yang digunakan untuk menyimpan senjata dan alat peraga. Penggeledahan dilakukan untuk mencari senjata api, amunisi, brankas senjata, sidik jari, cairan tubuh, dan residu.

Selain mengamankan senjata api yang dipakai Alec Baldwin, mereka juga mengamankan kotak dua tingkat berwarna abu-abu yang berisi sabuk pistol gaya barat dan amunisi pendukung lainnya.

Hingga kini, produksi film Rust dihentikan untuk sementara sampai waktu yang belum ditentukan. Tim produksi menyebut dalam pernyataannya bahwa mereka akan menunggu proses penyelidikan.

(nly/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER