The House of Rothschild, Drama Awal Dinasti Rothschild

CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 20:57 WIB
Film The House of Rothschild (1934) adalah salah satu referensi teratas kala membahas soal keluarga tajir penguasa perbankan Rothschild. Film The House of Rothschild (1934) adalah salah satu referensi teratas kala membahas soal keluarga tajir penguasa perbankan Rothschild. (dok. 20th Century Pictures via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keluarga Rothschild yang legendaris bukan hanya terukir kisahnya dalam banyak buku juga publikasi, melainkan juga dalam bentuk gambar bergerak. Film The House of Rothschild (1934) adalah salah satu referensi teratas kala membahas soal keluarga tersebut.

Film era pre-code Hollywood ini ditulis oleh Nunnally Johnson berdasarkan pementasan karya George Hembert Westley. Filmnya kemudian diarahkan oleh Alfred L Werker dan dibantu oleh Maude T Howell.

The House of Rothschild merupakan film yang mengisahkan kerajaan keuangan Rothschild yang didirikan Mayer Rothschild dan dilanjutkan kelima putranya.


Kisah film ini dimulai pada 1780 di Frankfurt, Prussia. Terdapat sepasang suami istri, yakni Mayer Amschel Rothschild dan istrinya, Guttle Schnapper.

Suatu hari, anak mereka melihat petugas pajak datang ke rumah mereka. Mayer dan Guttle bergegas menyembunyikan kekayaan mereka, termasuk mata uang dan perak.

Petugas pajak tersebut berhasil menemukan dan menyita sejumlah harta Mayer yang tersimpan di ruang bawah tanah. Namun, harta tersebut tidak cukup untuk menutupi tagihan yang harus dibayar Mayer.

Mayer lalu memberikan 5.000 gulden kepada petugas pajak untuk menurunkan jumlah tagihan pajaknya. Namun, seorang kurir yang membawa 10.000 gulden milik Mayer dicegat dan uang yang ia bawa disita oleh petugas pajak.

Tak lama setelah kejadian itu, Mayer meninggal. Sebelum meninggal, Mayer menasehati kelima putranya untuk memulai bisnis perbankan di berbagai negara tetapi tetap bersatu.

lanjut ke sebelah...

The House of Rothschild, Drama Awal Dinasti Rothschild

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER