Sarwendah Ungkap Kronologi Kena Kista di Batang Otak

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 16:20 WIB
Sarwendah mengungkap bahwa ia mengidap penyakit kista di bagian batang otak sehingga membuat tulang lehernya sedikit miring ke depan. Sarwendah mengungkap bahwa ia mengidap penyakit kista di bagian batang otak sehingga membuat tulang lehernya sedikit miring ke depan. (Foto: Detikcom/Palevi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sarwendah mengungkap bahwa ia mengidap penyakit langka di bagian batang otak. Bagian batang otak Sarwendah itu terdapat kista yang membuat tulang lehernya sedikit miring ke depan.

Istri dari Ruben Onsu itu menceritakan kepada Raffi Ahmad dan Irfan Hakim bagaimana ia mulai mengalami sakit kepala migrain yang berkepanjangan sejak 2017. Hal itu sering terjadi secara tiba-tiba tanpa ada gejala tertentu.

"Jadi itu karena aku migran terus, jadi setelah aku flashback-flashback itu udah dari tahun 2017. Jadi tahun 2017 itu aku udah mulai cek-cek yang kepala, EEG atau apa pun gitu," ungkap Sarwendah dalam acara FYP Trans 7, Selasa (9/8).

"Di sini [belakang leher kepala] tuh aku pusing banget gitu. Pusingnya itu dia datang dan perginya kayak jelangkung, enggak dijemput enggak diantar gitu." tambahnya.

Saat itu, Sarwendah baru beberapa kali melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit. Namun, lama-kelamaan sakit kepalanya semakin parah.

Ia sempat ingin melakukan scan MRI (Magnetic Resonance Imaging), tapi kata Sarwendah, dokter menyarankan agar sebaiknya ia periksa tulang lehernya terlebih dahulu.

"Namanya pasien pasti nurutin dokter 'kan, ternyata emang tulang leher aku ke depan. Maksudnya, 'kan tulang leher manusia mestinya begini nih [tegak lurus] aku rada begini [bengkok ke depan]," ungkap Sarwendah.

"Dan, banyak sebenarnya orang yang kayak gini, karena 'kan sering lihat handphone atau pakai bantal yang tinggi gitu. Iya, itu ngefek," lanjutnya.

Akhirnya, Sarwendah memutuskan untuk melakukan scan MRI. Setelah mengetahui sumber penyakit memang berasal dari kista batang otak, ia diberi opsi menjalani operasi.

Saat itu, Ruben Onsu sedang melakukan perjalanan ke Singapura bersama Raffi Ahmad. Ruben Onsu disebut tidak tahu Sarwendah pergi ke rumah sakit. Ia pun mengetahui istrinya menjalani operasi batang otak saat berada di luar negeri.

[Gambas:Video CNN]



"Itu aku malamnya masuk rumah sakit," kata Sarwendah.

"Nah itu kabarnya, si Wendah masuk rumah sakit... Bensu dalam kamar terus, dikabarin katanya Wendah sakit," ungkap Raffi Ahmad.

"Jadi, aku tuh masuk hari itu check up dulu, MRI dulu, besoknya baru aku ada tindakan operasi 'kan jadi mereka tunggu aku tindakan, tunggu aku sadar baru aku dikasih tahu," ucap Sarwendah.

Gif banner Allo Bank

Lanjut ke sebelah...

Risiko yang Dihadapi Sarwendah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER