Cara Anggota ISIS Hilangkan Jejak di Internet

Reuters/Teguh Yuniswan, CNN Indonesia | Senin, 02/03/2015 12:08 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Menghapus seluruh jejak Anda dalam dunia maya tidak berarti hanya menghapus profil dalam beberapa jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google Plus.

Langkah itu akan menghapus beberapa jejak Anda, tapi ahli menyatakan hampir mustahil menghapus segala tentang Anda di dunia maya.

Ini membutuhkan ketekunan dan pemahaman dari mana infromasi tentang Anda berasal, dan bagaimana menempatkannya dalam basis data dan layanan online berbeda jadi memerlukan banyak riset pengetahuan dan kesabaran untuk menghapus identitas online Anda.

Banyak layanan online yang dapat membantu Anda menghapus identitas diri.

"Account Killer" memiliki basis data besar dari situs dan dengan cepat menempatkan Anda dalam halaman yang mereka hapus.

"Just Delete Me" adalah perpanjangan dari browser internet yang mengingatkan Anda kapanpun Anda ada dalam situs yang mungkin harus dihapus.

Dan "Knowem" memudahkan Anda mengetik apapun nama yang pernah Anda gunakan agar dengan cepat melacak semua situs yang memperlihatkan profil Anda.

Saat tidak ada cara untuk menghapus akun, orang akan memalsukan daftar nama.

Penduduk Uni Eropa, seperti Emwazi, dapat mengisi forum online sederhana kepada Google untuk menghapus jejak dari hasil pencarian sehingga mereka tidak dapat muncul online.