Terpikat Obama, Ibu di Kenya Namai Bayinya Air Force One

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Minggu, 26/07/2015 11:58 WIB
Terpikat Obama, Ibu di Kenya Namai Bayinya Air Force One Kedatangan Presiden AS ke Kenya dianggap berkah bagi warga setempat sehingga menamai bayi mereka yang baru lahir dengan nama Barack Obama. (Reuters/Kevin Lamarque)
Nairobi, CNN Indonesia -- Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke kampung halamannya di Kenya dianggap membawa berkah bagi beberapa ibu yang baru melahirkan. Harapan agar anak mereka juga bisa jadi orang besar membuat para ibu ini menamai para jabang bayi seperti Barack Obama.

Seperti diberitakan media Afrika The Nation, Sabtu (25/7), beberapa ibu yang melahirkan di hari Jumat -hari kedatangan Obama ke Nairobi- menamai anak mereka dengan sama dengan orang nomor satu AS itu.

Bahkan, dua ibu di Kota Kisumu menamai buah hati mereka dengan nama pesawat Obama, Air Force One, agar bisa sering terbang.


"Saya memutuskan menamai bayi saya AirforceOne Barack Obama agar kami bisa mengenang kedatangan Obama ke Kenya karena itu membawa berkah besar," kata Lucy Akinyi Okoth, si ibu baru.

Ibu lainnya, Lucy Atieno, hanya menamai putranya AirForce One tanpa embel-embel Obama.

"Saya diberitahu bahwa itu adalah pesawat terbaik karena membawa pemimpin terkuat Amerika yang juga keturunan Kenya," kata Lucy.

Para Air Force One adalah dua di antara delapan bayi yang lahir Jumat kemarin di Rumah Sakit Oginga Odinga Jaramogi kota Kisumu. Enam bayi lainnya juga dinamai Obama.

Tiga ibu menamai putri mereka yang baru lahir Michelle Obama, sementara seorang menamai bayinya Sarah, nenek Obama.

Seorang ibu menamai anaknya Barack Obama Gift, atau hadiah dari Barack Obama, karena lahir beberapa jam setelah Obama mendarat di Nairobi.

Ibu baru Kenya lainnya, Siver Auma, telah mendaftarkan anaknya dengan nama Junior Barack Obama. Sementara Annette Cheptot dari kota Eldoret menamai putranya yang baru berusia dua hari Junior Barack Kiprop.

"Setiap kali kami merayakan ulang tahun bayi ini, kami akan mengingat bahwa ini adalah hari pertama Presiden AS datang ke Kenya, sangat bersejarah," kata Cheptot.

Ayah obama adalah warga Kenya sehingga kedatangan presiden AS itu sudah dianggap saudara sendiri oleh masyarakat setempat. Kunjungan Obama ini diharapkan bisa meningkatkan kerja sama ekonomi dua negara. (yns)