Video Detik-detik Jatuhnya Crane di Masjidil Haram

Aditya Panji, CNN Indonesia | Sabtu, 12/09/2015 10:48 WIB
Video Detik-detik Jatuhnya Crane di Masjidil Haram Kerusakan akibat crane yang jatuh di Masjidil Haram, Mekkah, pada Jumat sore, 11 September 2015. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kekhidmatan ibadah Haji tahun 2015 ini sedikit terganggu akibat tragedi rubuhnya alat berat crane di Masjidil Haram, Mekkah, pada Jumat sore (11/9) waktu setempat, akibat badai dan hujan deras.

Detik-detik jatuhnya crane itu ternyata terekam oleh beberapa jemaah yang sedang berada di sekitar masjid dan diunggah ke YouTube. Alat berat yang jatuh merupakan bagian pembangunan Masjidil Haram yang belum tuntas.

Baca juga: Foto-foto Tragedi Crane Rubuh di Masjidil Haram


Video yang telah ditonton 11 ribu kali itu merupakan gabungan dari dua video yang berbeda. Video pertama memperlihatkan crane berwarna merah yang terjatuh dan direkam oleh seseorang yang berada jauh dari tempat kejadian.

Crane diketahui terjatuh sekitar pukul 17.45 waktu setempat. Itu merupakan jeda antara salat Ashar dan Magrib.

Baca juga: Kemenag Ungkap Nama Jemaah Haji Indonesia Korban Crane Jatuh

Video kedua diambil oleh jemaah yang berada di dalam Masjidil Haram, tetapi jauh dari tempat kejadian. Setelah crane terjatuh dan terdengar debuman, para jemaah berlari panik keluar masjid.

Berikut video amatir yang diunggah ke YouTube:

[Gambas:Youtube]

Diterangkan Syailendra Dharmakitri, Konjen RI di Jeddah kepada CNN Indonesia, dua warga negara Indonesia meninggal dan 30 lainnya luka berat serta ringan. Korban luka sedang dirawat di dua rumah sakit.