Badai, KBRI Washington Minta WNI Laporkan Kondisi Darurat

Aghnia Adzkia, CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2016 15:07 WIB
Badai, KBRI Washington Minta WNI Laporkan Kondisi Darurat Badai menghantam Pesisir Timur AS dan menyebabkan turunnya salju setebal 90 cm yang mengubur jalanan Washington sejak petang. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, Amerika Serikat, mengimbau Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melaporkan kondisi darurat terkait badai salju yang menyerang sekitar wilayah tersebut pekan ini, yang diperkirakan akan menjadi badai salju terbesar sepanjang sejarah. 

Pada Jumat (22/1) malam waktu setempat, badai menghantam Pesisir Timur AS dan menyebabkan turunnya salju setebal 90 cm yang mengubur jalanan Washington sejak petang. Delapan orang dikabarkan meninggal akibat kecelakaan lalu lintas karena angin kencang yang menyapu jalanan di Arkansas, Tennessee, Kentucky dan North Carolina. 
Pemerintah Indonesia juga meminta warganya yang tinggal di Washington untuk berhati-hati terhadap keselamatannya. "Dalam keadaan darurat menyangkut keselamatan Warga Negara Indonesia, silahkan menghubungi 911 dan nomor darurat KBRI 202-569-7996," bunyi pernyataan resmi dari KBRI Washington, dikutip dari embassyofindonesia.org

Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat di Baltimore MD/Washington memperingatkan badai salju yang terjadi sejak Jumat sore sekitar pukul 15.00 WIB hingga Sabtu (23/1) pukul 06.00 WIB waktu setempat.


CNN melaporkan delapan orang dikabarkan meninggal akibat kecelakaan lalu lintas karena angin kencang yang menyapu jalanan di Arkansas, Tennessee, Kentucky dan North Carolina. Selanjutnya, badai membawa tumpukan salju di Baltimore dan Washington DC.

Badan Cuaca Nasional AS menyebutkan tiupan angin mencapai kecepatan sekitar 40 hingga 80 km/jam.

Akibat badai, maskapai penerbangan di seluruh AS membatalkan lebih dari 6.300 penerbangan pada akhir pekan ini. Selanjutnya, situs FlightAware.com menambahkan, sekitar 7.000 penerbangan mengalami keterlambatan di seluruh negeri.

Philadelphia dan New York diprediksi akan diselimuti 30 hingga 40 cm salju, hingga badai mereda. Di Falls Church, Virginia, salju tebal sudah menggunung di jalanan yang bisa membahayakan pengendara. Badai salju ini disebut melebihi snowmageddon yang terjadi pada 2010 saat salju setebal 45 cm mengubur Washington.

Jika perkiraan cuaca akurat, badai tersebut akan melampaui Badai Knickerbocker pada 1922, yang menjatuhkan salju setebal 71 cm. (ama/ama)