Di Kota Ini, Pria Punya Tiga Kekasih Dianggap Biasa

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 10/06/2016 14:41 WIB
Di Kota Ini, Pria Punya Tiga Kekasih Dianggap Biasa Ilustrasi. (ChinaFotoPress via Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di Dongguan, China, satu pria tak akan diolok sebagai mata keranjang jika memiliki tiga pacar sekaligus. Seorang pria bahkan menyebut bahwa jika hanya memiliki satu pacar akan sangat memalukan.

Kelumrahan itu dapat tercipta karena ketimpangan populasi antara pria dan wanita di Dongguan, kota yang disebut sebagai pusat pabrik di China. Berdasarkan sensus, hanya ada 89 pria untuk setiap 100 orang wanita di Dongguan. 

Bagi pria-pria di kota itu, mendapatkan kekasih lebih mudah ketimbang mencari pekerjaan. Pasalnya, para pemilik pabrik lebih memilih karyawan perempuan karena lebih bisa dipercaya daripada pria.


"Saya memiliki tiga pacar dan semua saling kenal. Banyak teman saya yang juga memiliki banyak pacar," ujar seorang warga, Li Bin, seperti dikutip The Independent.

Tak hanya Li, seorang pria lain di Dongguan, Xiao Lin, juga menyatakan bahwa situasi itu sangat normal di kota tersebut.

"Gadis muda dan cantik ada di mana-mana. Mereka sederhana dan mudah akrab. Mengapa tidak memiliki [pacar] banyak? Akan terlalu memalukan bagi seseorang jika hanya memiliki satu kekasih. Semua orang akan menertawakan," tuturnya.

Begitu inginnya seorang perempuan di Dongguan memiliki pacar, mereka bahkan rela membiayai hidup kekasihnya yang sebenarnya tidak memiliki pekerjaan mumpuni.

"Ada banyak perempuan di Dongguan dan mereka tidak ingin uang. Mereka hanya ingin pria," ucap seorang pria pengangguran, A Yi.

Layanan Informasi Hak Asasi Perempuan Guangdong bahkan mengakui bahwa wanita biasanya tak peduli dengan kekasihnya karena memiliki pasangan lebih baik daripada kesepian. (den)