Gempa Kuat Guncang Perbatasan Kanada dan Alaska AS

Rahman Indra, CNN Indonesia | Selasa, 02/05/2017 03:41 WIB
Gempa Kuat Guncang Perbatasan Kanada dan Alaska AS Dua gempa kuat mengguncang perbatasan Kanada dan Alaska, AS pada Senin (1/5) yang menyebabkan sejumlah bangunan rubuh, dan listrik padam. (Foto: Thinkstock/Petrovich9)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua gempa kuat mengguncang perbatasan Kanada dan Alaska, AS pada Senin (1/5) yang menyebabkan sejumlah bangunan rubuh, dan listrik padam.

Sebanyak 8.000 orang di Yukon, Kanada dilaporkan terdampak gempa tersebut. Informasi tersebut disampaikan Badan Survei Geologi Amerika Serika (SGS), seperti dilansir dari AFP, Selasa (2/5/2017).

Gempa terjadi pada Senin (1/5) siang waktu setempat. Gempa tersebut juga dilaporkan menyebabkan sejumlah bangunan rusak.


Tak lama setelah kejadian, tim teknisi dikerahkan untuk mengecek bendungan, fasilitas gas cair, serta bangunan sekolah di wilayah Ibu Kota Whitehorse menyusul adanya laporan retakan di dinding.

Menteri Keselamatan Publik Ralph Goodale menyatakan pemerintah telah melakukan monitoring dan membantu 'sesuai kebutuhan'.

Dari catatan US Geological Survey, gempa yang terjadi di perbatasan Kanada dan Alaska tersebut terjadi dua kali dengan masing-masing kekuatan gempa pada 6,2 skala richter, dan selang dua jam kemudian menyusul gempa berkekuatan 6,3 skala richter.

Menurut USGS, pusat gempa berada di gurun yang terletak sekitar 85 km sebelah barat laut Skagway, Alaska.

Gempa pertama terjadi sekitar pukul 12.31 waktu setempat dengan kedalaman 2,2 kilometer, sedangkan yang kedua terjadi pukul 14.18 waktu setempat dengan kedalaman 10 kilometer.