ISIS Klaim Eksekusi Dua Guru China yang Diculik di Pakistan

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 09/06/2017 07:40 WIB
ISIS Klaim Eksekusi Dua Guru China yang Diculik di Pakistan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok militan ISIS mengklaim telah mengeksekusi mati dua guru China yang mereka culik di Pakistan pada bulan lalu.

"ISIS sudah membunuh dua warga China yang selama ini mereka tahan di Provinsi Baluchistan, barat daya Pakistan," demikian pemberitaan media propaganda ISIS, Amaq, Kamis (8/6).

Kementerian Luar Negeri China sendiri mengakui ada dua warganya diculik oleh pria bersenjata yang menyamar sebagai petugas kepolisian di Pakistan.


"Kami sudah berupaya menyelamatkan dua orang yang diculik itu selama beberapa hari belakangan," bunyi pernyataan Kemlu China, sebagaimana dikutip Reuters.
Meski demikian, Kemlu China masih akan melakukan verifikasi informasi tersebut melalui berbagai jalur, termasuk bekerja sama dengan otoritas Pakistan.

Selama ini, ISIS memang berupaya membangun kekuatannya di Pakistan. Mereka pun kerap melancarkan serangan, termasuk di kantor wakil Senat di Baluchistan yang menewaskan 25 orang bulan lalu.

Belakangan ini, Kedutaan Besar China untuk Pakistan sudah berulang kali meminta Islamabad meningkatkan keamanan, terutama di Baluchistan, di mana Beijing membangun pangkalan dan jalan baru sebagai jalur penghubung menuju Laut Arab.

Militer Pakistan pun sudah bergerak. Pada Kamis, mereka merilis rincian operasi mereka untuk menghancurkan markas ISIS di Baluchistan.