Senat Setuju Pangkas Pajak, Trump Menang Besar

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Rabu, 20/12/2017 19:35 WIB
Senat Setuju Pangkas Pajak, Trump Menang Besar Presiden Donald Trump mendapatkan kemenangan besar setelah Senat meloloskan undang-undang reformasi pajak yang ia ajukan. (Reuters/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senat Amerika Serikat meloloskan versi akhir usulan perombakan pajak yang diajukan Presiden Donald Trump. Reformasi pertama dalam 30 tahun terakhir ini menjadi kemenangan bagi orang nomor satu AS dan Partai Republik yang mendukungnya.

Undang-undang itu diloloskan dengan perbandingan 51-48 dan diumumkan oleh Wakil Presiden Mike Pence yang memimpin pemungutan suara. Hasil akhir ini dicapai setelah Jeff Flake, politikus Republik terakhir yang sebelumnya tidak menyatakan dukungan maupun penentangan, akhirnya mengamini usulan Trump.

Dewan Perwakilan meloloskan undang-undang ini pada Selasa. Namun, perubahan teknis dilakukan di Senat dan legislasi tersebut dikembalikan untuk kembali diperdebatkan pada Rabu (20/12).


Di sana, UU diperkirakan akan kembali diloloskan dan segera dikirim ke meja presiden untuk ditandatangani sebelum liburan natal. Capaian ini sekaligus merealisasikan janji Partai Republik untuk merombak pajak di akhir tahun. 
Undang-undang ini disusun untuk meringankan beban pajak untuk para pengusaha, alih-alih kelas menengah. Setelah disahkan, pajak korporasi akan dipangkas dari 35 persen menjadi 21 persen.

"Ini jelas satu hal paling penting yang bisa kita lakukan untuk membuat Amerika kembali menjadi tempat terbaik untuk pengusaha," kata Anggota Dewan dari Partai Republik, Paul Ryan sebagaimana dikutip CNN.

Kini, Partai Republik tinggal menunggu beberapa jam sebelum secara resmi mendapatkan kemenangan legislatif besarnya tahun ini dengan merealisasi janji kampanye untuk merombak sistem pajak AS.

(aal)