Donald Trump Siap Bertemu Kim Jong-un pada Mei

CNN, Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 07:45 WIB
Donald Trump Siap Bertemu Kim Jong-un pada Mei Presiden Donald Trump menyatakan siap bertemu Kim Jong-un pada Mei setelah undangan pemimpin Korut itu disampaikan delegasi Korsel, Kamis (8/3). (REUTERS/Win McNamee/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara telah mengundang Presiden Donald Trump untuk bertemu pemimpin mereka Kim Jong-un. Trump menyatakan siap untuk bertemu Kim Jong-un pada Mei karena pemimpin Korea Utara itu berjanji untuk tidak melakukan uji coba nuklir dan rudal lagi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Keamanan Nasional Korea Selatan setelah memberi brifing kepada para pejabat Gdung Putih soal pembicaraan antara Seoul dan Pyongyang, Kamis (8/3).

"Kim berjanji bahwa Korea Utara akan menahan diri dari uji coba nuklir atau rudal," kata Kepala Keamanan Korea Selatan Chung Eui-yong kepada wartawan di Gedung Putih.


"Presiden Trump mengatakan dia akan bertemu Kim Jong-un pada Mei," kata Chung.

Sebelumnya, Trump telah mengindikasikan bahwa Korea Selatan bakal 'membuat pengumuman besar' terkait Korea Utara.



Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan "dialog soal dialog" yang alot mungkin akan terjadi dengan Pyongyang, negosiasi denuklirisasi mungkin akan menemui jalan panjang.

Di Gedung Putih, beredar anggapan bahwa rencana dialog Korea Utara dan Korea Selatan menekan Amerika Serikat untuk bicara dengan Korea Utara. "Kecuali Korea Utara memulai agresitivitasnya lagi seperti peluncuran rudla, Washington tampaknya bakal menerima tawaran itu," kata pejabat senior AS.



Pejabat Korsel yang bertemu dengan Kim Jong-un di Pyongyang, Senin (5/3) bertemu dengan sejumlah besar pejabat AS, termasuk Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster, Menteri Pertahanan Jim Mattis, Direktur Intelijen Nasional Daniel Coats dan pejabat Kementerian Keuangan AS.

[Gambas:Video CNN] (nat)