Sambut Mahathir, Jokowi Cerita soal Kuda dan Kambing Piaraan

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 29/06/2018 11:47 WIB
Sambut Mahathir, Jokowi Cerita soal Kuda dan Kambing Piaraan Presiden Joko Widodo bertemu PM Malaysia Mahathir Mohamad pagi ini di Istana Bogor. Di sela perbincangan, Jokowi bercerita soal kambing dan kuda peliharaannya. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi bertemu Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad beserta istri, Siti Hasmah, pagi ini di Istana Bogor.

Tiba pukul 10.15 WIB, Mahathir disambut dengan upacara resmi yang dimulai dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Jokowi dan Mahathir kemudian berjalan mengecek pasukan dan memberi hormat bendera negara.


Setelah upacara mengisi buku tamu, Mahathir berbincang dengan Jokowi di beranda Istana Negara. Ia kemudian bercerita soal kambing dan kuda peliharaannya.

"Memelihara kuda, memelihara kambing. Di Jakarta pikirin politik," kata Jokowi sambil tertawa.
Di serong kanan mereka memang terlihat sejumlah kambing yang besar dan kecil peliharaan Presiden Jokowi sejak dulu.

Mereka luwes berbincang tanpa penerjemah karena menggunakan Bahasa Indonesia dan Melayu. Perbincangan itu pun berlangsung hingga sekitar tujuh menit, tergolong lebih lama dibandingkan ketika Jokowi berbincang dengan tamu negara lainnya. 

Usai berbincang, mereka kemudian berjalan bersama menuju halaman untuk menanam Pohon Meranti (Shorea Sp.) bersama. Sementara itu, Iriana mendampingi Siti Hasmah duduk di Beranda Istana Bogor sambil melihat para suami menanam pohon. 

Setelah itu, Jokowi akan menjamu Mahathir dengan santap siang di Istana Negara.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, mengatakan bahwa kedua pemimpin tidak akan membicarakan kesepakatan apa pun karena pemerintahan Mahathir belum melantik menteri luar negeri setelah menang pemilu Mei lalu.

Setelah bertemu dengan Jokowi, Mahathir dijadwalkan menghadiri konferensi dengan komunitas pengusaha Indonesia Malaysia (IMBC).

PM tertua di dunia itu dijadwalkan meninggalkan Indonesia sekitar pukul 17.45 WIB. Setelah Indonesia, Mahathir dikabarkan akan mengunjungi negara tetangga lainnya, seperti Brunei Darussalam. (has)