JK Harap Proses Reunifikasi Korsel-Korut Lanjut di Indonesia

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 29/06/2018 17:06 WIB
JK Harap Proses Reunifikasi Korsel-Korut Lanjut di Indonesia Wapres Jusuf Kalla berharap Korut dan Korsel bisa melanjutkan proses reunifikasi di Indonesia. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap Korea Selatan dan Korea Utara dapat melanjutkan proses reunifikasi atau penyatuan di Indonesia. Hal ini menanggapi rencana Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un yang diundang dalam pembukaan Asian Games 2018 pada Agustus nanti.

"Memang ada presiden mengundang dua [pemimpin] Korea Selatan dan Korea Utara, namun kami belum menerima konfirmasi. Tentu Indonesia senang kalau kedua pemimpin itu juga reunifikasi lanjutannya dibicarakan di Jakarta," ujar JK di kantor INASGOC, Senayan, Jakarta, Jumat (29/6).
Kedua negara itu diketahui telah menandatangani kesepakatan untuk memulai proses perdamaian sebagai tanda secara resmi mengakhiri Perang Korea yang 65 tahun hanya dijeda gencatan senjata.

Kendati demikian, JK meminta perhatian publik tak teralihkan dari perhelatan Asian Games jika kedua pimpinan negara itu benar memenuhi undangan pemerintah Indonesia.


"Kalau hadir dengan catatan, tidak mengubah minat Anda, mengurangi kemeriahan Asian Games," ucap JK.
Presiden Joko Widodo ingin mengundang Moon Jae-in dan Kim Jong-un menghadiri pembukaan Asian Games 2018. Keinginan itu kini masih dalam tahap pembahasan diplomatis Kemenlu melalui kedutaan besar masing-masing negara.

Korsel dan Korut mengirimkan timnya dalam Asian Games. Kedua negara sepakat membentuk tim olahraga gabungan bulan lalu, kala hubungan kedua negara makin baik setelah Moon Jae-in dan Kim Jong-un bertemu pada 27 April.

(aal)