Bahas Tim Gabungan, Korut-Korsel Temui Pengurus Asian Games

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 27/06/2018 20:01 WIB
Bahas Tim Gabungan, Korut-Korsel Temui Pengurus Asian Games Atlet Korut dan Korsel sudah beberapa kali berpawai di bawah bendera unifikasi dalam sejumlah ajang olahraga internasional. (Reuters/Andy Clark)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan Korea Utara dan Korea Selatan akan bertemu dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk membahas kemungkinan pengiriman tim gabungan dalam Asian Games di Indonesia.

Melalui pernyataan resminya, OCA mengumumkan bahwa pertemuan dengan delegasi kedua negara itu akan dilaksanakan di Jakarta esok hari, Kamis (28/6).

"Kami harap dapat memutuskan semuanya pada Kamis karena tidak banyak waktu lagi," demikian pernyataan resmi OCA, sebagaimana dikutip AFP, Rabu (27/6).
Dalam pertemuan itu, semua pihak akan membicarakan detail ketentuan pengiriman tim gabungan dalam Asian Games yang akan dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.


"Korea Selatan memiliki gagasan mengenai jumlah cabang olahraga yang bisa diikuti oleh tim gabungan, itu harus dibicarakan dengan Korea Utara."

Kedua negara sepakat untuk membentuk tim olahraga gabungan bulan lalu, kala hubungan kedua negara semakin baik setelah Presiden Moon Jae-in dan Kim Jong-un bertemu untuk pertama kalinya pada 27 April.
Tim gabungan itu dapat bersinergi bersama untuk pertandingan atau sekadar berpawai di bawah satu bendera dalam upacara pembukaan atau pembukaan satu ajang olahraga internasional.

Sebelumnya, Korut dan Korsel sendiri sudah beberapa kali menggabungkan timnya dalam ajang olahraga. Terakhir kali, kedua negara mengirimkan tim hoki perempuan gabungan dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, Februari lalu.

"Sekarang adalah masa yang bersemangat di Semenanjung Korea dan olahraga memainkan peran penting untuk mempersatukan kedua Korea dalam lingkungan perdamaian," tulis OCA. (has/has)