Ke Korut, Menko Puan Undang Kim Jong Un ke Asian Games 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 07:12 WIB
Ke Korut, Menko Puan Undang Kim Jong Un ke Asian Games 2018 Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani berkunjung ke Korea Utara sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo. Salah satu di antaranya menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi kepada pemimpin Korut, Kim Jong-un untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Menko Puan berada di Pyongyang untuk Kunjungan kehormatan dan dialog bilateral dengan pemerintah Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) di Pyongyang, Senin (30/7).

Dilansir akun Twitter resmi Kemenko PMK, kedatangan Menko Puan diterima oleh Kim Yong Nam selaku Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung DPRK.


[Gambas:Youtube]

"Dalam pertemuan tersebut, Menko Puan menyampaikan secara langsung undangan dari Presiden Joko Widodo kepada pemimpin DPRK untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2018," tulis Kemenko PMK lewat akun Twitter resminya.

Dalam lawatan bilateral dengan Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung DPRK, Kim Yong Nam, Senin (30/7), Menko PMK menyatakan Asian Games menjadi momentum untuk mempererat persahabatan antar negara. "Asian Games menjadi momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea," kata Puan seperti dilansir situs resmi Kemenko PMK.



Puan juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan Korea Utara pada Asian Games 2018.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi juga telah menyampaikan undangan untuk menghadiri pembukaan Asian Games 2018 kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Pada kesempatan tersebut Presiden Moon menyatakan bahwa Korea Selatan menghargai upaya Indonesia dalam perdamaian di Semenanjung Korea.

[Gambas:Video CNN] (nat)