Korut Disebut Akan Segera Lakukan Kunjungan ke Rusia

Tim, CNN Indonesia | Senin, 08/10/2018 10:24 WIB
Korut Disebut Akan Segera Lakukan Kunjungan ke Rusia Pimpinan Korut Kim Jong Un (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diperkirakan segera melakukan kunjungan ke Rusia. Selain itu, pemimpin China Xi Jinping juga diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Korea Utara.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pertemuan kabinet, Senin (8/10). Perjalanan para pemimpin Korea Utara dan Cina itu disebut Moon akan dilakukan dalam waktu dekat.

Rapat kabinet ini dilakukan sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melakukan perjalanan ke Korea Utara. Namun ia tak memberikan detil lebih lanjut mengenai rencana pertemuan itu.


Moon juga berbicara positif tentang pertemuan Pompeo dengan Kim pada hari Minggu (7/10). Menurutnya pertemuan itu akan mengatur pertemuan puncak lainnya antara Kim dan Donald Trump. Pertemuan itu diharapkan bisa segera menyelesaikan denuklirisasi di semenanjung Korea.

Media pemerintah Korea Utara mengatakan, Pyongyang dan Moskow setuju untuk mengadakan pertemuan puncak tahun ini.
Hal ini diputuskan setelah Kim bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Pyongyang. Kim juga sudah tiga kali melakukan perjalanan Tiongkok tahun ini untuk melakukan pertemuan dengan Xi, demikian dilaporkan Reuters. (eks/eks)